Kenduri Seni Melayu Targetkan 1.000 Kunjungan Wisman

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam menargetkan 1.000 kunjungan wisatawan mancanegara selama tiga hari pelaksanaan Kenduri Seni Melayu ke-19. Agenda tahunan yang masuk dalam rangkaian perayaan Hari Jadi Batam ke-188 ini akan digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Jumat-Minggu, 17-19 November 2017.

“Pelaksanaan Kenduri Seni Melayu tahun ini disejalankan dengan Wonderfood Batam dan Pesta Wirausaha Batam,” kata Pebrialin, saat konferensi pers di ruang kerjanya, Kamis 16 November 2017.

Ia menjelaskan pelaksanaan Wonderfood Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Batam. Pesta kuliner khas Kota Batam ini melibatkan kader PKK Kecamatan. Kegiatannya berlangsung Jumat sore, sejalan dengan pembukaan Pesta Wirausaha Batam ke-5.

Pesta Wirausaha Batam ini akan menampilkan produk usaha kecil menengah yang ada di Batam. Sebanyak 176 stand akan diisi pelaku usaha kuliner, fashion, souvenir atau pernak-pernik, teknologi informasi, hingga komunitas. Khusus Pesta Wirausaha Batam, ditargetkan menarik hingga 30 ribu pengunjung.

“Malam harinya pembukaan Kenduri Seni Melayu. Peserta yang sudah konfirmasi hadir mengisi acara itu dari Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Belanda. Dari dalam negeri ada Kepri, Pekanbaru, DKI Jakarta, Bangka Barat. Yogyakarta mungkin juga akan mengikuti,” kata dia.

Pada malam pertama ini akan tampil artis dan pemusik dari Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Terkait pengunjung, Pebrialin mengaku sudah koordinasi dengan agen perjalanan wisata, Asita, dan perhotelan. Pelaku usaha wisata sudah disurati agar mempromosikan kegiatan tersebut.

“Kita sudah minta mereka masukkan Kenduri Seni Melayu ke agenda travelnya. Kita harap mereka mengerahkan wisman untuk hadir ke sini. Paling tidak 1.000 wisman selama tiga hari itu,” ujar mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah tersebut. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *