Kepri Harus Genjot Kunjungan Turis ke Indonesia

Sekupang, BatamEkbiz.Com — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur meminta Pemprov Kepri menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

“Kita tak boleh lagi kalah dengan negara tujuan wisata lainnya, seperti Vietnam, Malaysia, serta Thailand,” ujarnya dalam Kepri Tourism Outlook 2018 di Batam Tourism Polytechnic, Kamis 23 November 2017.

Tahun ini target kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 2,2 juta orang. Namun periode Januari-September 2017, kunjungan wisman ke Kepri baru mencapai 1,4 juta orang. Untuk mencapai target, masih dibutuhkan 800 ribu lagi dalam tiga bulan yang tersisa, Oktober , November dan Desember.

Menteri Asman mendorong agar pariwisata di Kepri dikembangkan, sehingga para pelaku usaha bidang pariwisata menjadi motor penggerak perekonomian di Kepri. Pemerintah memberi perhatian penuh pengembangan sektor pariwisata tersebut, karena Kepri, khususnya Batam memiliki sejumlah destinasi dan keunggulan. Keunggulan itu harus dibarengi dengan sinergitas antar-institusi, yakni Badan Pengusahaan (BP), Pemko Batam, dan Pemprov Kepri untuk bersama-sama menggali potensi pariwisata di wilayahnya.

“Saya mengajak seluruh pelaku usaha pariwisata agar bisa turut serta bekerja keras dalam mewujudkan hal ini,” tambahnya.

Dikatakan, pemerintah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019. Mantan Wakil Walikota Batam itu berharap Kepri mampu menjadi pintu masuk kunjungan wisatawan ke Indonesia.

“Pemerintah sudah jelas, saat ini konsentrasi untuk mendorong pariwisata, sebagai tulang punggung ekonomi,” ujarnya. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *