Kesepakatan Bersama KPU Batam, Bawaslu Batam Dan Partai Politik Mengenai Pemasangan APK

Batam Center, Batam Ekbiz.Com, ,- Untuk menyamakan persepsi mengenai pemasangan alat peraga kampaye, Bawaslu Kota Batam,KPU Kota Batam , Kesbangpol, BP Batam, Dinas pendapatan, Dinas kebersihan, Satpol PP serta perwakilan partai politok mengadakan rapat terbuka bersama , Selasa 9 Oktober 2018 bertempat di Kantor Bawaslu Kota Batam

Syahrul Huda Ketua KPU kota Batam mengatakan, pertemuan ini diadakan biar tidak ada perbedaan penafsiran, pemahaman antara Bawaslul, KPU dan partai politik sesuai dengan PKPU NO.23,28,33 tahun 2018.

Kodir perwakilan dari BP Batam berharap supaya pemasangan baliho yg baru ada rekomendasi dari KPU, untuk pemasangan baliho yang sudah ada disarankan yang titiknya sudah ada ijin.

Komisioner Bawaslu Kota Batam Nopialdi mengatakan, rapat ini untuk menyamakan persepsi yang satu dengan yang lain mengenai APK, bahan kampaye dan spanduk pohon yang sudah mulai marak di Batam.

Hasil rapat terbuka bersama KPU Kota Batam, Bawaslu Kota Batam , Perwakilan dari partai politik mengenai pemasangan Alat Peraga Kampaye.
1. Desain APK tambahan yang dicetak oleh peserta pemilu harus sesuai dengan ketentuan PKPU NO.23 tahun 2018 tentang pemilu, PKPU NO.28 tentang perubahan atas PKPU NO.23 tahun 2018 tentang kampaye pemilu, PKPU NO.33 tahun 2018 tentang perubahan kedua NO.23 tahun 2018 tentang kampaye pemilu dan yang menjadi poin utama adalah APK sebagaimana yang dimaksud memuat paling sedikit visi, misi dan program peserta pemilu.

2. Yang menjadi perbedaan desain yang difasilitasi oleh KPU dan APK tambahan peserta pemilu adalah sebagai berikut:
a.APK yang difasilitasi oleh KPU selain memuat visi,misi dan program peserta pemilu juga foto pengurus partai.

b.APK tambahan oleh peserta pemilu selain memuat visi, misi dan program , dapat memuat foto masing-masing calon anggota legislatif sesuai dengan daerah pemilihannya.

3.APK tambahan yang dicetak peserta pemilu sebagaimana yang dimaksud poin sebelumnya dipasang sesuai dengan zona yang telah ditetapkan oleh KPU.

4.APK tambahan yang dicetak peserta pemilu sebagaimana yang dicetak oleh peserta pemilu dan sebelum dipasang pada zona yang telah ditetapkan , diminta agar menyampaikan pemberitahuan kepada KPU dan Bawaslu terkait titik lokasi pemasangan serta diberikan logo KPU sebelah kanan bawah dan logo Bawaslu di sebelah kiri bawah.

5. Selain yang sudah ditetapkan di PKPU 23 tahun 2018 dan kesepakatan ini akan ditertibkan Bawaslu Kota Batam.( adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *