Komunitas PARI Angkat Potensi Wisata Kepri

Batam, BatamEkbiz.Com – Bermula dari kesamaan hobi berpetualang di alam bebas, sejumlah penjelajah membentuk Komunitas Penjelajah Alam Kepri (PARI). Tidak hanya menjelajah, komunitas ini juga memiliki misi untuk mengangkat potensi pariwisata di Kepri. Sejak terbentuk dua tahun lalu (2014), komunitas ini telah memetakan 60 pulau di Kepri yang layak dijadikan sebagai destinasi wisata.

“Penjelajah Alam Kepri adalah komunitas yang konsen pada kegiatan di alam terbuka, anggotanya adalah orang-orang yang menyenangi petualangan dan tantangan. Sejak didirikan pada 2014, PARI telah menjelajahi 60 pulau dan melakukan pendataan potensi pariwisata di pulau-pulau yang telah didatangi tersebut”, kata Nunung Sulistiyanto, Ketua Komunitas PARI, Selasa (22/3/2016).

Pada akhir pekan ini, 24 sampai 27 Maret 2016, Komunitas Pari kembali akan kembali menjelajahi alam yang merupakan salah satu potensi wisata di Kepri, yaitu Pulau Berhala, Kabupaten Lingga. Melalui Jelajah Pulau Berhala, Komunitas PARI tak hanya sekadar datang dan menikmati keindahan alam, namun juga akan memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai sarana edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan pengembangan potensi wisata.

“Semoga kegiatan komunitas kami ini dapat mengangkat citra pariwisata Kepri, sehingga bisa menjadi peluang bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Nunung.

Pulau Berhala terletak di Desa Berhala, Kecamatan Singkep Selatan. Pulau yang ada di wilayah terluar ini sempat menjadi sengketa antara Pemprov Kepri dan Jambi. Perebutan wilayah antara kedua provinsi itu akhirnya selesai dan Pulau Berhala sah masuk sebagai wilayah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Pulau Berhala menyimpan beragam keindahan, mulai dari pantai sampai pulau-pulau kecil di sekitarnya dengan batu-batuannya yang unik.

Selain memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai wisata alam dan bahari, Pulau Berhala juga memiliki sejarah kental dengan Kerajaan Lingga. Pulau Berhala juga telah dijadikan sebagai salah satu titik konservasi Penyu di Lingga. (cris)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *