Konser Maulid Nabi Ajang Promosi Wisata Halal

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Beragam atraksi seni dan budaya bernapaskan Islam akan ditampilkan dalam konser untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang bertajuk “A Maulid, the Gift of the Rose” di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, 23 Januari 2016, pukul 19.00. Kementerian Pariwisata mendukung konser ini, sebab memiliki kekuatan besar untuk mendatangkan wisatawan dan menawarkan atmosfir tersendiri bagi kaum muslim.

Perayaan Maulid Nabi ini juga akan dimeriahkan sejumlah artis. Di antaranya Irwansyah dan sang istri, Zaskia Sungkar, Titi Kamal, Opick, Haddad Alwi, Syafa, Maxi Bajaj, dan Sholeh Al Habsyi. Selain itu juga akan ada pembacaan narasi kisah Nabi oleh sejumlah tokoh seperti Ary Ginanjar, Kang Abik, Yusuf Mansur, Neno Warisman dan masih banyak lagi.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata RI Esthy Reko Astuti mengatakan, kegiatan keagamaan dapat menjadi “umpan” untuk meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata ke Indonesia. Tak hanya wisatawan domestik, tapi juga masyarakat asing, terutama mereka yang berasal dari negara-negara mayoritas muslim.

“Seperti salah satunya kita menyelenggarakan Maulid event yang dikemas dalam konser musik ‘A Maulid, The Gift of The Rose’ yang baru pertama kali kita buat,” ujarnya di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Esthy berharap event ini bisa menjadi bagian dari promosi produk wisata halal. Sehingga peringatan keagamaan dapat menjadi budaya yang berpotensi besar dalam mendukung pertumbuhan wisata halal nasional. Saat ini, wisata budaya menempati porsi yang lebih besar dibanding wisata alam dan manmade (buatan).

“Culture kita memiliki kekuatan hingga 60 persen. Sedangkan nature itu 35 persen dan sisanya manmade hanya lima persen. Kami optimistis banyak yang akan datang melihat karena melibatkan artis dan sejumlah tokoh masyarakat. Kita targetkan 1.200 pengunjung,” katanya.

Konser digagas Mustafa, vokalis grup Debu, dengan menampilkan kolaborasi 50 musisi orkestra, 30 penyanyi choir, serta artis dan tokoh masyarakat. Tujuan konser ini untuk memperkokoh karakter bangsa dan meningkatkan rasa toleransi di masyarakat sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Tiket dalam konser ini dijual dengan harga variatif, berkisar dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta.

Konser ini menjadi bagian dari daya tarik wisata religi. Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, baragam kesenian bernapaskan Islam di Indonesia menjadi modal untuk mengembangkan wisata halal. (r)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *