Koperasi Jujur Makmur Raih Penghargaan Koperasi Berprestasi

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Koperasi Karyawan Jujur Makmur PT Flektronic, Mukakuning-Batam mendapat penghargaan sebagai Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional. Koperasi karyawan ini merupakan koperasi berprestasi Tingkat Kota Batam yang berhasil mengungguli koperasi-koperasi lainnya.

Bersama dua koperasi lain, Kopkar Biro Klasifikasi Indonesia-Batam dan Koperasi Kesetiakawanan Sosial, Koperasi Karyawan Jujur Makmur menerima penghargaan dari Wali Kota Batam. Penghargaan itu diserahkan dalam Upacara Hari Koperasi ke-69 Tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin, 25 Juli 2016.

Wali Kota Batam Rudi membacakan sambutan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dalam upacara tersebut. Menteri Koperasi dan UKM, AAGN Puspayoga mengatakan perlu dilakukan Reformasi Total Koperasi yang meliputi rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan.

“Rehabilitasi merupakan langkah pembaharuan Koperasi yang diawali dengan pengelolaan dan pemutakhiran data koperasi, melalui Online Database System (ODS), dengan membekuan/membubarkan Koperasi yang tidak aktif. Juga dilakukan penertiban koperasi melalui pengawasan terpadu dengan membentuk Deputi Pengawasan,” kata dia.

Berdasarkan data yang terhimpun, jumlah Koperasi di Indonesia sampai akhir tahun 2015 menyentuh angka 212.135 unit. Namun berdasarkan pendataan, koperasi yang aktif hanya 150.223 unit. Jumlah tersebut didapatkan melalui pemutakhiran data koperasi yang dilakukan dengan ODS.

Reorientasi yaitu upaya sistematis untuk merubah paradigma dari pendekatan Kuantitas menjadi Kualitas. Langkah yang ditempuh untuk meningkatkan kualitas koperasi adalah: Membangun Koperasi Berbasis Informasi Teknologi (IT); Melalui kerjasama dengan Notaris sudah dapat dilakukan penerbitan akte koperasi secara online.

Sementara pengembangan yaitu meliputi upaya mengkaji regulasi yang menghambat berkembang koperasi; memperkuat akses pembiayaan, dengan menyiapkan Koperasi untuk menjadi penyalur KUR; selanjutnya dikembangkan Koperasi Sektor Riil khususnya yang berorientasi ekspor, padat karya dan memanfaatkan Digital Ekonomi.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis dana bergulir kepada koperasi dan usaha kecil menengah yang ada di Kota Batam. Adapun dana bergulir yang disalurkan di tahun 2016 ini sebanyak Rp 4,8 miliar dari Rp11,5 miliar yang dialokasikan tahun ini.

Kemudian penyerahan bantuan alat berat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI kepada Pemko Batam. Barang yang diserahkan berupa satu unit Komatsu Buldozer dan satu unit Komatsu Hydraulic Excavator.

Alat berat ini akan dimanfaatkan untuk operasional pengelolaan sampah di TPA Telagapunggur. Bantuan yang berasal dari APBN 2016 ini diserahkan oleh Direktorat Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Pemukiman Kememterian PU-Pera, Muhammad Sundoro. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *