Koperasi karyawan lebih berkualitas

Sekupang, BatamEkbiz.Com — Dibandingkan koperasi umum, koperasi karyawan yang ada di perusahaan jauh lebih berkualitas. Data Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, dari sekitar 900-an koperasi di Batam, hanya koperasi karyawan yang rata-rata telah berada di skala berkualitas.

Yang paling tinggi skala koperasi di Batam, baru skala “berkualitas”, belum ada yang sampai ke skala “sangat berkualitas’. Yang mendapatkan skala berkualitas, rata-rata adalah koperasi karyawan atau perusahaan.

Skala peringkat koperasi terbagi atas lima kriteria. Yakni tidak berkualitas, kurang berkualitas, cukup berkualitas, berkualitas, dan sangat berkualitas. Kriteria pemeringkatan di antaranya dinilai dari aspek kontribusi terhadap pembangunan daerah, rapat tahunan, progres perkembangan aset, dan kemampuan pelayanan.

Kendala dalam melakukan pemeringkatan, di antaranya disebabkan beberapa koperasi yang sudah tidak lagi aktif. Dari sekitar 900-an koperasi di Kota Batam, hanya sekitar 50 persen saja yang masih aktif.

Selain itu, banyak koperasi yang tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) secara rutin. Padahal berdasarkan ketentuan, tiga bulan setelah berakhir masa anggaran, wajib melakukan rapat tahunan.

RAT ini merupakan sarana informasi dan wajib dilaporkan kepada anggota. Terkait dengan perkembangan koperasi, mulai dari aset, laba dan informasi lainnya.