KPU Batam Nyatakan 16 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

Sekupang, BatamEkbiz.Com – KPU Kota Batam menyatakan sebanyak 13 Partai Politik lolos verifikasi faktual, Jum’at 2 Februari 2018 di Kantor KPU Batam di Sekupang

Sebelumnya KPU Kota Batam juga telah melakukan verifikasi faktual terhadap tiga partai politik baru. Yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Perindo yang juga dinyatakan telah memenuhi syarat dan lolos.

“Jadi saat ini sudah ada 16 partai politik yang lolos verifikasi faktual yang kami lakukan,” ungkap Ketua KPU Batam, Agus Setiawan.

Dari jumlah total partai politik yang telah dinyatakan lolos itu, sebanyak 12 partai merupakan peserta pemilu 2014 lalu. Diantaranya Nasdem, Partai Golkar, PDIP, PAN, PKB, PPP, Partai Gerindra, Hanura, Partai Demokrat, PKS, PBB, dan PKPI.

Agus menambahkan, adanya proses verifikasi telah dilakukan sejak tanggal 30 Januari hingga 1 Februari lalu. Para verifikator yang melakukan verifikasi ini sendiri, terdiri dari Komisioner dan staf Sekretariat KPU Batam yang terbagi menjadi empat tim.

“Penilaian terbagi menjadi empat poin besar yakni administrasi kepengurusan yang terkait ketua, sekretaris , bendahara. Kemudian syarat keterwakilan perempuan sebesar 30 persen dan keberadaan kantor sekretariat, juga verifikasi faktual terhadap anggota.
Untuk anggota, verifikasi 5 persen dari jumlah KTP dan Kartu Tanda Anggota ,” jelas Agus .

Verifikasi langsung diplenokan. Kemudian akan diserahkan ke partai politik. Selanjutnya hasil tersebut dilanjutkan ke KPU Provinsi untuk pleno dan diteruskan hingga ke tingkat pusat.

Kemudian tahapan selanjutnya adalah pemilihan PPK dan PPS dilanjutkan pemutakhiran data pemilih.(dim)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *