Kuliner Khas Batam Meriahkan Festival Kampung Tua 2016

Belakangpadang, BatamEkbiz.Com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam kembali menggelar Tamadun Melayu dan Festival Kampung Tua. Tahun ini digelar di Kecamatan Belakangpadang, Jumat-Sabtu (29-30/4/2016).

“Ini yang kedua kalinya kita gelar. Pertama di Nongsa. Kali ini di Belakangpadang. Belakangpadang dipilih karena perkampungannya ini memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan sejarah pemerintahan Kota Batam,” kata Kepala Disparbud Batam, Yusfa Hendri.

Ia mengatakan, acara dibuka pada Jumat siang pukul 14.30 dengan menampilkan tari Jogi, tarian asli dari Kota Batam. Penampilan dari 100 penari ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia pada setiap tanggal 29 April.

“Penarinya bergerak dari Losmen Budi Penolong ke arah pasar, lalu ke pelabuhan. Kemudian seremoni pembukaan di Lapangan Indra Sakti,” papar Yusfa.

Pada acara pembukaan ditampilkan berbagai tarian, dzikir bermadah atau yang dulu dikenal dengan dzikir barat, permainan rakyat tradisional seperti engkrang, congklak, gasing. Kemudian juga ada pameran foto tentang sejarah kampung-kampung tua di Kota Batam. Serta tak ketinggalan pesta kuliner khas kampung tua. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *