Lewat LMS Online, Urus Izin Bisa dari Rumah

Batam Center, BatamEkbiz.Com – BP Batam menerapkan Land Management Sistem (LSM) online untuk memudahkan permohonan ijin peralihan hak (IPH). Dengan sistem ini pemohon bisa mengunggah (upload) dokumen secara mandiri.

Hal tersebut diungkapkan anggota III Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam R. Eko Santoso Budianto, Rabu 13 September 2017 di gedung Marketing BP Batam.

“Kami akan sosialisasi dulu dan menggandeng dengan developer, sehingga mereka tidak perlu ke PTSP, jadi sekarang antreannya bisa diperpendek,” jelasnya.

Eko menjelaskan, pihaknya menggandeng developer dalam sosialisasi tersebut. Biasanya developer mengajukan permohonan hingga ratusan dokumen, sehingga proses upload dokumen membutuhkan waktu lama dan menimbulkan antrean yang panjang di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Developer kami undang untuk sosialisasi, sebab pemohon IPH terbesar di Batam itu dari developer,” jelasnya.

Menurut Eko, LMS online akan diterapkan BP Batam karena selama ini penggunaan sistem Batam Single Window (BSW) dinilai kurang efektif. Pemakaian sistem BSW menyebabkan antrean di PTSP menjadi lebih lama, karena masyarakat harus melakukan pengajuan permohonan, dilanjutkan dengan pemeriksaan PTSP dan verifikasi serta persetujuan kantor lahan untuk memperoleh penerbitan faktur dan izin.

“Kami sekarang sedang mengintegrasikan semua sistem sehingga ketika orang mengajukan permohonan, tidak perlu bawa dokumen lagi,” jelas Eko.

Tidak hanya itu, apabila setelah verifikasi masih ada dokumen yang kurang, maka petugas PTSP harus melakukan upload dokumen kembali. Sedangkan penggunaan sistem LMS online memudahkan pemohon untuk memasukkan data permohonan secara mandiri, bahkan dari rumah, melalui sistem LMS online.

Data yang berhasil diunggah ke LMS online akan bisa diakses petugas PTSP sehingga tidak perlu dilakukan upload data berulang kali. LMS online berintegrasi dengan email dan SMS dari pemohon sehingga dapat mengirimkan notifikasi secara otomatis.

Seluruh dokumen yang diinput melalui LMS online melekat ke masing-masing pemohon, dokumen yang sama dapat digunakan kembali sehingga proses verifikasi dapat menjadi lebih cepat. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *