Logistik dan Transportasi Jadi Tulang Punggung Ekonomi

Jakarta, BatamEkbiz,Com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka resmi pameran dan konferensi untuk transportasi, logistik, dan maritim bertajuk Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week 2017 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa 10 Oktober 2017.

Event ini bertujuan menjadi suatu wadah komunikasi industri dan peluang bisnis di bidang infrastruktur, transportasi, dan logistik guna mendorong transformasi Indonesia yang sebelumnya sebagai pasar menjadi pemain utama. Terdapat dua event yang terselenggara bersamaan yakni Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics (ITSCL) 2017 dan Indonesia Maritime Expo (IME) 2017.

ITSCL 2017 memamerkan kemajuan teknologi dan proses digitalisasi di bidang logistik yang terwakili melalui peserta pameran yang merupakan perusahaan, asosiasi, serta instansi pemerintah terkait. Sementara IME 2017menghadirkan produk dan teknologi terbaru di bidang maritim seperti dari industri kelautan, perkapalan, dan sektor maritim lainnya.

Kedua event tersebut merupakan satu rangkaian dari ITMW 2017, hasil kerja sama Kamar Dagang Indonesia dengan Reed Panorama Exhibitions dan didukung sembilan Kementerian Republik Indonesia terkait.

“Pemerintah sangat mendukung kegiatan semacam ini. Peran swasta memang sangat dibutuhkan, apalagi untuk peningkatan infrastruktur pendukung sektor transportasi dan logistik,” kata Budi saat membuka acara.

Sementara itu, Camerlita Hartoto mewakili Ketua Umum Kadin mengatakan, logistik dan transportasi menjadi tulang punggung ekonomi dalam negeri saat ini. Kelancaran arus barang akan berdampak positif terhadap pertumbuhan  dan pemerataan ekonomi. Terkait logistik dan transportasi harus disiapkan infrastruktur yang mendukung.

“Tantangan logistik dan transportasi saat ini adalah belum berdaya saing. Untuk itu dibutuhkan peran banyak pihak agar dapat diperbaiki,” katanya.

ITMWL 2017 akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017. Event ini diikuti 350 unit usaha dari berbagai perusahaan berskala nasional dan internasional seperti Singapura, Tiongkok, Korea Selatan, Italia dan Belanda. (suradi/r)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *