Lukita Paparkan 100 Hari Kerja BP Batam

Batuampar, BatamEkbiz.Com – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Lukita Dinarsyah Tuwo memaparkan program Quick Win 100 hari kerja BP Batam di Swissbell Hotel Harbourbay, Rabu 31 Januari 2018.

Di antaranya revisi Perka BP Batam terkait lahan, sekaligus penandatanganan UWTO. Sementara untuk Perka Pelabuhan tinggal menunggu revisi PMK 114. Kedua, penyelesaian masalah perizinan lahan dan pencabutan lahan tidur. Dimana sudah dikerjakan, namun ada juga yang masih berlangsung.

“Kemarin ada delapan perusahaan kami panggil untuk dimintai keterangan,” ucapnya.

Ketiga, lanjut Lukita, percepatan pelayanan investasi usaha dan peluncuran Mall Pelayanan Publik. Keempat, komunikasi BP Batam dengan seluruh pemangku kepentingan di Kota Batam.

“Pengalihan aset sudah dilakukan meski masih ada beberapa dalam proses. Tetapi dalam hal itu tidak ada lagi BP Batam,” kata Lukita.

Kelima, yaitu peluncuran Master Plan BP Batam dalam tahap menunggu revisi RTRW dan Perpres. Keenam, penanganan masalah sosial terkait masalah lahan seperti di Sei Gong, Dam Baloi, tumpang tindih lahan dengan masyarakat, penetapan kampung tua, dan pencarian solusi rumah liar.

Ketujuh, rancangan reorganisasi BP Batam, dimana tinggal menunggu persetujuan DK Batam dan Menpan RB. Kedelapan, melakukan revisi terkait tarif pelayanan BP Batam. Kesembilan, pelaksanaan event internasional dan nasional secara berkala dan terakhir paling penting persiapan pengembangan kawasan KEK.

“Ini terus berlanjut pembahasannya tentang batasan zona,” timpalnya.

Lukita menambahkan, harapan masyarakat sangat tinggi kepada BP Batam dalam menyelesaikan segala permasalahan pada 100 hari kerja. “Kami ingin transparan dalam menyampaikan apa yang telah dicapai dan menerima masukan serta kritik,” ungkapnya.

Namun, permasalahan paling banyak, lanjut Lukita, adalah tentang lahan. Karena banyak surat baru masuk, namun diiringi juga dengan surat pengaduan.

“BP Batam siap melayani dan bermitra dengan stakeholder yang ada,” jelasnya. (adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *