Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia Hijaukan Dam Tembesi

Barelang, BatamEkbiz.Com – Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI) mengadakan aksi sosial menghijaukan Dam Tembesi, Minggu 1 Oktober 2017. Dalam kegiatan itu dilakukan penanaman 5.000 pohon Saga dan 4.000 pohon Bakau.

Ketua Umum MNSBDI Aiko Senosoenoto mengatakan, aksi sosial ini merupakan rangkaian Wahana Negara Raharja 2017 dengan tema “Tancapkan Akar Hijaukan Pulau”. Batam dipilih karena letaknya di wilayah perbatasan yang merupakan pintu keluar dan masuknya barang niaga maupun nilai-nilai yang mempengaruhi masyarakat Indonesia.

“Batam adalah salah satu pulau penting dalam mempertahankan NKRI dan memperkuat cinta tanah air serta nasionalisme,” katanya.

Menurut Aiko, penanaman ribuan pohon tersebut merupakan aksi nyata dan wujud kepedulian terhadap lingkungan. “Sewajarnya kita ikut menghijaukan sebagai usaha untuk melestarikan dan mewariskan lingkungan yang lebih baik,” jelasnya.

Ketua Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK) Irwan Prasida mengatakan bahwa prinsip mencintai tanah air bisa dilakukan dalam bentuk kegiatan penghijauan. “Supaya lingkungan tetap terjaga dan juga berguna bagi masyarakat luas,” katanya.

Kepala Kantor Air BP Batam, Binsar Tambunan sangat mendukung dan berterima kasih kepada MNSBDI atas kegiatan nyata dengan melakukan penanaman ribuan pohon di Dam Tembesi. Menurutnya, sebelumnya saat proses pembuatan Dam Tembesi ada ribuan pohon bakau habis dan musnah.

“Semoga dengan penanaman pohon ini akan mencegah abrasi, memperkuat bendungan, dan mencegah erosi di sekitar Dam Tembesi,” harapnya.

Gerakan penanaman pohon diawali dengan penyerahan bibit pohon Saga dan bakau secara simbolis kepada perwakilan serta tamu undangan. Kemudian dilanjutkan dengan bersama-sama menanam pohon di sekitar Dam Tembesi. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *