Makam Nong Isa Batam

Makam Nong Isa merupakan makam paling bersejarah di Batam, bukti adanya fase kepemimpinan di wilayah ini berabad silam. Ahli warisnya masih menetap dan turun temurun di Batubesar, Kecamatan Nongsa, seorang di antaranya Raja Ibrahim.

Sejarah bermula ketika dikeluarkannya kuasa kepada Raja Isa Ibni Raja Ali sebagai pemegang perintah atas Nongsa dan sekitarnya pada tanggal 22 Jumadil Akhir 1245 Hijrah, bertepatan 18 Desember 1829 Masehi. Tanggal tersebut akhirnya disepakati sebagai tanggal hari jadi Kota Batam. Pengukuhan Raja Isa sebagai pemegang otoritas atas Batam menjadikan roda pemerintahan di pulau ini mulai tertata.

Kuasa itu diterbitkan Comisaries Jendral sekaligus Residen Riouw atas nama Sultan Abdulrahman Syah Lingga-Riau (1812-1832) dan Yang Dipertuan Muda Riau VI Raja Jakfar (1808-1832) yang ditemukan dalam koleksi Arsip Riouw di Arsip Nasional Jakarta. Setelah Raja Isa Ibni Raja Ali wafat pada 1831, wilayah administrasi pemerintahan atas Nongsa dan rantaunya terus berkembang lebih maju dengan batasan-batasan yang lebih jelas, meliputi seluruh kawasan Pulau Batam.

Raja Isa bernama kecil Nong Isa beserta zuriat atau kerabatnya dimakamkan di komplek ini. Berada di dataran tinggi yang ditumbuhi pepohonan tua yang lebat, semakin menegaskan bahwa ini adalah wilayah larangan yang menyimpan khazanah sejarah Batam masa lalu.

Karena tingginya nilai sejarah makam ini, Pemko Batam telah menjadikan Komplek Pemakaman Nong Isa sebagai destinasi wisata sejarah di Batam. Kondisi pemakamannya relatif terjaga kebersihan dan keasriannya. Tiap akhir pekan banyak peziarah datang, baik dari Batam, Malaysia, dan Singapura.

Letak persis Makam Nong Isa berada di Kampung Nongsa Pantai, Kecamatan Nongsa. Dari kawasan kota (Nagoya atau Jodoh), dapat ditempuh dalam waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Lokasinya mudah dicapai dan sangat dekat dengan pemukiman warga. Jadi, kalau sudah berada di sana dan masih kebingungan, minta saja petunjuk dari warga sekitar. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *