Melawan Corona, Yurianto: Jaga Diri dan Jaga Jarak

  • Whatsapp

Jakarta (batameksbiz) – Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa dalam pencegahan penyebaran Covid-19 (virus Corona) Indonesia bisa belajar dari negara Vietnam, yakni secara teratur menjaga diri dan menjaga jarak.

“Tak ada salahnya belajar dari Vietnam, pencegahan bisa kita lakukan dengan menjaga diri dan menjaga jarak,” imbau Achmad Yurianto dalam konferensi persnya, Rabu (25/3/20) sore, yang disiarkan langsung sejumlah TV nasional.

Menjaga diri, lanjutnya, yakni menjaga kesehatan, sering mencuci tangan dan menggunakan pelindung diri ketika terpaksa berada di luar rumah.

Menjaga jarak, yakni menghindari kontak fisik secara langsung dengan orang lain, atau mengurangi aktivitas di luar rumah (social distance).

“Kebijakan strategis harus diambil dan harus dilaksanakan, dan sangat dipengaruhi oleh peran serta kita semua dalam melakukan pencegahan,” tegasnya.

Disebutkan, bahwa Covid-19 basisnya adalah masyarakat, bisa menjadi subyek atau obyek, tidak mungkin satu orang saja. Sehingga ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan.

Diantaranya, harus melakukan pembatasan jarak fisik dalam komunikasi sehari-hari, di luar dan di dalam rumah. “Pembatasan di rumah juga harus dilakukan,” ujarnya.

Langkah selanjutnya, ungkapnya, masyarakat harus memahami betul sehingga tidak perlu ada kepanikan, mereka yang mengalami gejala segera konsultasikan dengan pihak kesehatan terdekat.

“Petugas nanti yang akan menentukan langkah selanjutnya,” ungkap Yurianto

Hingga Rabu (25/3/20) pukul 12.00 WIB terjadi penambahan jumlah kasus positif teriveksi Covid-19 dengan total 790 kasus, 31 berhasil disembuhkan dan 58 kematian.

“Terjadi penambahan 105 kasus dalam sehari, sehingga total kasus positif teriveksi Covid-19 790 kasus,” pungkasnya. (r/ys)

Tinggalkan Balasan