Mendulang laba dari dunia maya

Nagoya, BatamEkbiz.Com — Bagi sebagian orang, dunia maya seolah sudah menjadi kebutuhan. Mereka memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan, salah satunya melalui bisnis online.

David Indrawan, pelaku bisnis online di Batam mengaku mendapatkan banyak manfaat dari perkembangan teknologi informasi ini dan menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Melalui penjualan pakaian, ia mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp3 juta perbulan di luar penghasilan rutinnya sebagai seorang karyawan.

“Cukup dengan memfoto model pakaian, kemudian dipromosikan melalui online, maka calon pembeli akan berdatangan,” katanya di ruang bisnis onlinenya di kawasan Nagoya, Minggu (5/7/2015).

Menurut David, banyak model bisnis online yang bisa dijadikan sebagai usaha sampingan bagi para pemula. Jika ingin mendapatkan uang tambahan tapi tidak mau terlalu sibuk, maka mencoba menjadi reseller bisa dilakukan. Pekerjaan yang dilakukan hanya mencari para pelanggan untuk membeli sebuah produk yang dipromosikan. Tapi tetap harus menjalin kerjasama dengan pemilik barang.

“Uang yang dihasilkan berasal dari banyaknya produk yang terjual,” katanya.

David menjelaskan, bisnis reseller adalah sebuah bisnis online tanpa modal, yang mana hanya membutuhkan modal PC komputer dan koneksi internet saja. Reseller artinya adalah pelaku yang menjual kembali.

Banyak ide yang bisa diterapkan dalam bisnis reseller online, salah satunya adalah dengan cara mencari suplier produk yang akan dijual. Setelah mendapatkan harga reseller, maka tinggal memesan barang untuk dijual kepada supplier.

“Tak perlu mengeluarkan modal uang sepeserpun, karena uang untuk membeli kepada suplier adalah uang dari konsumen yang tertarik dengan produk yang dijual,” jelasnya.

Sekarang ini, lanjutnya, banyak sekali peluang untuk membuka toko online. Tapi pada awalnya harus memiliki produk yang akan dijual. Biasanya lewat toko online ini tempat untuk melakukan promosi. Dengan begitu usaha pun akan semakin meningkat.

Untuk membuka sebuah toko online, tidak harus bisa membuat website atau bisa membuat sebuah toko online sendiri. Sangat banyak sekali bertebaran di internet, jasa pembuatan toko online yang murah dan profesional.

Modal untuk membuat sebuah toko online tidaklah besar, namun untuk berjualan secara online, harus bisa melayani konsumen dengan berbagai macam tipe calon pembeli. Kesabaran sangat dibutuhkan dalam berbisnis jualan online dengan toko online.

“Bisnis ini sangat simple, tidak butuh toko fisik dan karyawan untuk menjaga barang serta bisa dijalankan dimana saja dan kapan saja,” pungkasnya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *