Minim Perhatian Pemerintah, Warga Nagori Mariah Dolok Terpaksa Perbaiki Jalan Bah Polung Secara Swadaya

  • Whatsapp

Simalungun – Jalan Bah Polung, Nagori Mariah Dolok, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun memprihatinkan. Kondisinya rusak parah, curam, dan tak mengenal aspal. Saat hujan jalanan berlumpur dan banyak lubang di mana-mana.

Masyarakat sekitar sudah beberapa kali melaporkan rusaknya jalan di Bah Polung tersebut kepada pemerintah daerah. Salah satunya disampaikan saat Bupati Simalungun Jr. Saragih meninjau wilayah tersebut. Sang Bupati menjanjikan akan melakukan perbaikan, namun hingga kini tak kunjung terealisasi.

Davi Purba, Perangkat Desa (Gamot) Nagori Mariah Dolok menyampaikan, Nagori Mariah Dolok merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Dolok Silau yang mampu menghasilkan produk pertanian berupa sayur mayur dan buah-buahan seperti jeruk. Tapi karena infrastruktur jalan penghubung Desa Nagori Dolok Maraja ke Nagori Mariah Dolok rusak parah, membuat penjualan produk pertanian dari warga ke pedagang menjadi terkendala.

“Tak jarang para pedagang yang hendak membeli hasil pertanian warga sengaja menaikkan harga jual pupuk dan kebutuhan pertanian secara signifikan. Sementara hasil pertanian warga mereka beli dengan harga yang jauh lebih murah dibanding harga di pasaran,” katanya kepada redaksi batamekbiz.com, Rabu (19/2/2020).

Hal senada disampaikan Kepala Desa Nagori Mariah Dolok, Mardelison Sipayung. Dia menyebut kondisi seperti ini kerap membuat masyarakat dari empat nagori, di antaranya Nagori Mariah Dolok, Nagori Huta Saing, Silaumarawan, dan nagori-nagori yang tercakup di dalamnya kerap protes kepada pemerintah. Namun aspirasi yang mereka tak kunjung mendapat jawaban.

“Setiap tahun para perangkat dari empat nagori di Kecamatan Dolok Silau mengajukan perbaikan jalan di Bah Polung dalam pelaksanaan Musrenbang menjadi skala prioritas. Tapi pengajuan tersebut tak pernah diakomodir dan direalisasikan,” katanya.

Menurut Mardelison, warga pun tidak mau tinggal diam dengan kondisi kerusakan jalan yang jika dibiarkan akan semakin parah. Dengan rasa kebersamaan dan dukungan para donatur serta perangkat desa, warga Nagori Mariah Dolok bergotong royong memperbaiki jalan di lokasi Bah Polung secara swadaya.

Bahri Saragih, Ketua Panitia Perbaikan Jalan Bah Polung Nagori Mariah Dolok mengaku miris dengan kondisi jalan yang sudah puluhan tahun tidak mendapatkan perhatian pemerintah tersebut. Infrastruktur jalan rusak seputar Bah Polung menuju Desa Dolok Maraja panjangnya sekitar 2 kilometer. Dari hasil swadaya masyarakat, donatur, dan anak rantau, terkumpul dana untuk pengecoran jalan sepanjang sekitar 250 meter.

“Itupun jika dana dari donatur telah terkumpul sepenuhnya,” katanya.

Melihat minimnya perhatian pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur jalan ini, masyarakat dari empat nagori berharap uluran tangan para donatur yang ikhlas menyumbangkan materi maupun bahan yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan Bah Polung. Sehingga masyarakat tidak terkendala untuk melintasi akses jalan tersebut demi mewujudkan kesejahteraan petani dan warga di wilayah ini. (rahmat)

Tinggalkan Balasan