Nissa Sabyan Akan Meriahkan Pembukaan MTQ Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kota Batam ke-29 akan dibuka Rabu, 18 April 2018 malam. Kegiatan keagamaan ini dipusatkan di Lapangan Gladi Bakar Jaya, Tanjungriau Kecamatan Sekupang.

Acara pembukaan MTQ akan diisi hiburan lagu qasidah oleh Nissa Sabyan yang berkolaborasi dengan Bahana Barelang Drum Corps (BBDC). Hiburan lainnya adalah penampilan nasyid dan paduan suara dengan iring-iringan devile kafilah kecamatan.

“Saya mengundang Bapak/Ibu dan seluruh masyarakat Kota Batam untuk hadir bersama-sama dalam acara MTQ Tingkat Kota Batam,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi.

Pelaksanaan MTQ Tingkat Kota Batam ini merupakan persiapan untuk mengirimkan qori dan qoriah terbaiknya pada MTQ Tingkat Provinsi Kepri yang akan diadakan pada 7-12 Mei 2018 di Kabupaten Lingga. Rudi optimis untuk mempertahankan juara umum pada MTQ Tingkat Provinsi mendatang.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan terdapat tujuh cabang dengan 42 golongan yang dilombakan di MTQ kali ini. Terdiri dari golongan Tartil anak-anak, remaja, dewasa, qira’at saba’a, canet, dan qasidah rebana. Kemudian golongan 1 juz dan tilawah, golongan 5 juz dan tilawah, golongan 10 juz, 20 juz, 30 juz, serta tafsir Al-Qur’an. Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, cabang Khath Al-Qur’an dan Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Qur’an (M2IQ).

“Selain di lapangan Gladi Bakar yang merupakan Astaka Utama, kita menggunakan Qur’an Centre, Masjid Jami’ Nurul Huda, Aula Dinas Pendidikan, SDN 001 Tanjung Riau dan Aula Kemenag Kota Batam sebagai tempat pelaksanaan lomba,” jelas Jefridin.

Selain menyaksikan pembukaan MTQ, masyarakat juga bisa mengunjungi bazar yang telah disiapkan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam. Bazar diikuti perwakilan dari 12 kecamatan dan akan dilombakan. Bersamaan dengan malam pembukaan MTQ, juga akan dilakukan pembukaan bazar oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *