Novotel Batam Jadikan Sisa Makanan Buat Pupuk Organik

Jodoh, BatamEkbiz.Com – Menyambut World Food Day, Hotel Novotel Batam memanfaatkan sisa makanan dan bahan olahan di dapur menjadi pupuk organik. Jadi semua sisa bahan olahan di dapur dan makanan tidak dibuang, tetapi dijadikan pupuk organik, sehingga bermanfaat dan bisa dijadikan pupuk untuk tanaman serta bunga yang ada di pekarangan Novotel.

Bowo, Asisten Square Restaurant mengatakan, sisa makanan dari tamu akan dikumpulkan dalam bak dan dipisah-pisahkan, seperti sayuran, hewani, kopi, dan plastik. Pemisahan tersebut untuk memudahkan dalam pengambilan dan pembuatan pupuk kompos. Misalnya sisa kulit telur dipisah sendiri, tidak dicampur dengan sisa sayuran.

“Sedangkan sisa makanan yang masih bagus akan dibawa ke kantin hotel dan ke depannya makanan yang masih bagus tersebut akan diberikan ke masyarakat sekitar hotel yang mau,” kata Bowo di Novotel, Senin 16 Oktober 2017.

Lanny dari housekeeping menjelaskan, sebelum dijadikan pupuk kompos, limbah makanan tersebut akan dipisah-pisahkan terlebih dahulu, dari bahan yang berbentuk karton, kaleng, dan plastik. Jadi limbah makanan tersebut sudah dipisah-pisahkan menurut golongan masing-masing untuk memudahkan pembuatan kompos.

Bahtiar dari pengelola taman mengungkapkan, untuk membuat pupuk kompos terlebih dulu ditampung menurut jenisnya, seperti nasi, sayuran, dan hewan. “Untuk menjadi pupuk kompos limbah makanan tersebut membutuhkan waktu 25 hari, kemudian 10 hari untuk pengeringan, baru bisa digunakan untuk pupuk tanaman dan bunga. Jenis sayur-sayuran yang paling bagus untuk pupuk dan cepat prosesnya,” jelasnya. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *