Nuryanto: Batam Layak Jadi Provinsi Khusus

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Dukungan bagi Kota Batam menjadi provinsi khusus atau istimewa dan terpisah dari Kepri terus menguat. Kali ini disuarakan Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto.

“Batam sudah layak menjadi provinsi khusus. Tinggal mendudukkan wacana ini antara pemerintah daerah dan pusat, serta dilakukan kajian mendalam,” kata pria yang akrab disapa Cak Nur ini di ruang kerjanya, Jumat 5 Mei 2017.

Peluang bagi Batam menjadi provinsi khusus, sebelumnya disampaikan Presiden RI ketiga BJ Habibie dalam kunjungannya ke Batam, beberapa hari lalu. Habibie mendukung wacana itu dan siap menyampaikannya kepada Presiden Joko Widodo.

Terdapat sejumlah nilai positif jika Batam berstatus sebagai provinsi khusus. Di antaranya, Batam bisa membuat kebijakan-kebijakan yang tidak bisa dilakukan pemerintah daerah tingkat dua. Batam juga akan punya kewenangan mengatur laut, mengintegrasikan penataan ruang dan wilayah secara komprehensif, serta menjadi wakil pemerintah pusat di perbatasan.

Menurut Nuryanto, wacana pembentukan Batam sebagai provinsi khusus atau istimewa bisa menjadi solusi untuk mengakhiri dualisme kewenangan di Batam antara Pemko dan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Dualisme kewenangan inilah yang memicu perekonomian Batam terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

“Semua pihak harus ikut mencari solusi untuk memajukan Batam,” ujarnya.

Ketua Komisi III DPRD Batam, Nyanyang Harris Pratamura juga mendukung wacana Batam sebagai provinsi khusus atau istimewa. Menurut Politisi Partai Gerindra ini, dualisme kewenangan yang terjadi saat ini antara Pemko dan BP Batam hanya memicu ketidakpastian hukum dan pelayanan publik. Dampaknya, investor enggan menanamkan investasinya dan perekonomian daerah makin terpuruk.

“Tarik menarik kewenangan ini sangat berpengaruh bagi Batam dan imbasnya investor hengkang. Provinsi khusus bagi Batam adalah solusi yang tepat,” katanya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *