Nyaman dengan sertifikasi halal

Sertifikasi halal bagi restoran hotel di Batam, tidak hanya menentramkan dan memberikan kenyamanan bagi konsumen muslim. Namun juga wujud kualitas, keamanan, dan kesehatan bagi non muslim, serta sarana bagi pengusaha restoran dalam meningkatkan omset pendapatan dan kunjungan pelanggan.

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Andri, terlihat lahap menikmati makan siang di Bamboe Restaurant Hotel Harmoni One Batam Centre. Menemani menu makan siangnya, minuman dingin dan air mineral terlihat di atas meja bulat yang ditempatinya. Tidak hanya sendiri, ada Ahmad, Arif, dan Hasan yang turut menikmati santap siang di meja yang sama.

Ke-empat mahasiswa Ibnu Sina Batam tersebut adalah peserta sosialisasi kepemudaan yang diselenggarakan sebuah instansi di Batam, beberapa waktu lalu. Makan siang merupakan salah satu fasilitas yang diberikan panitia kepada peserta, selain sertifikat dan materi dari narasumber berkompeten.

Bagi Andri, Ahmad, Arif, dan Hasan, bukan kali ini saja mereka menikmati fasilitas makan siang gratis dalam suatu kegiatan. Sudah beberapa kali dengan tempat dan lokasi hotel yang berbeda.

Namun dalam menikmati makan siang di restoran hotel, hanya di tempat tertentu saja ia merasa aman dan nyaman. Sebagai muslim, menghindari memakan makanan haram adalah ikhtiar yang terus dilakukan. Mengingat masih banyak restoran yang mencampuradukkan antara makanan halal dan haram dalam pengelolaannya.

“Kadang kalau ragu, kami memilih untuk tidak makan di restoran hotel. Lebih baik keluar hotel sebentar untuk makan di rumah makan di sekitar hotel yang tidak diragukan kehalalannya. Tapi kalau di hotel Harmoni One ini kami tidak ragu, karena restorannya sudah bersertifikat halal,” ujar mahasiswa semester III Fakultas Teknik ini.

Sertifikasi halal bagi restoran hotel di Batam, tidak hanya didengungkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri. Saat Batam ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional ke-25 pada Juni 2014 lalu, Walikota Batam saat itu, Ahmad Dahlan juga menyerukan hal yang sama.

“Sekitar 20 ribu tamu akan datang dalam MTQ tingkat nasional di Batam. Untuk itu restoran harus halal, jangan nanti setelah kafilah makan, ternyata makanannya tidak halal,” pesan Dahlan.

Penyelenggaraan MTQ tingkat nasional di Batam dipusatkan di Dataran Engku Putri Batam Centre. Hotel Harmoni One adalah salah satu hotel yang memiliki lokasi terdekat, hanya berjarak sekitar 100 meter dari pusat lokasi penyelenggaraan MTQ tingkat nasional dan memiliki kapasitas hingga 292 kamar.

Selain Harmoni One, juga terdapat beberapa hotel yang ada di kawasan Engku Putri ataupun dekat dengan pusat lokasi penyelenggaraan MTQ tingkat nasional. Diantaranya hotel dengan konsep bernuansa Islam – Pusat Informasi Haji (PIH) – yang memiliki kapasitas 84 kamar, Hotel Harris Batam Centre yang memiliki kapasitas 171 kamar, Batam Centre Hotel yang memiliki kapasitas 73 kamar, dan Hotel 01 Batam Centre.

Bamboe Restaurant merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di Hotel Harmoni One Batam Centre. Diantara ciri khas restoran di hotel dengan interior klasik dan anggun ini, adalah dua patung gajah di pintu masuk restoran dan pepohonan bambu yang ada di dalam ruang restoran.

Supervisor Bamboe Restaurant, Sabar menjelaskan, sertifikat halal merupakan komitmen manajemen Hotel Harmoni One untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi kalangan muslim. Banyak tamu dari negara-negara mayoritas penduduknya muslim, seperti Malaysia yang hendak menginap, selalu menanyakan ada tidaknya sertifikat halal di restoran hotel.

“Mereka merupakan warga muslim Malaysia yang memesan kamar melalui online dan telepon. Pasti menanyakan, apakah restoran sudah memiliki sertifikat halal atau belum,” ungkapnya.

Dimilikinya sertifikat halal pada restoran hotel yang menyajikan masakan lokal dan internasional ini, lanjut Sabar, tidak menjadikan tamu hotel menurun. Justru sebaliknya, tamu hotel di Harmoni One cenderung meningkat, apalagi menjelang pelaksanaan MTQ tingkat nasional di Batam. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *