OPD Bintan Diminta Jaga Stabilitas Harga Jelang Akhir Tahun

BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi meminta seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait segera melakukan langkah-langkah koordinasi dalam mengantisipasi kondisi terkini menjelang akhir tahun. Hal terpenting di antaranya adalah stabilitas harga pangan serta keamanan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Kemarin kami sudah rapatkan bersama jajaran FKPD Bintan dan OPD terkait, beberapa pembahasan yaitu mengantisipasi harga pangan dan kondisi keamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2018. Saya meminta agar langkah-langkah koordinasi segera diperkuat sedini mungkin agar stabilitas harga tetap terjaga dan kondisi keamanan terpelihara dengan baik hingga akhir tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Khairul mengatakan, hingga saat ini komoditas harga pangan masih dalam kondisi stabil. Bahkan per Oktober 2017, stok pangan di Bintan masih mencukupi hingga Januari 2018.

Ia menambahkan, beberapa komoditas strategis akan terus mendapatkan pengawasan. Mengingat sumbangan pada kelompok bahan pangan tertentu biasanya akan menyumbang angka inflasi yang cukup tinggi menjelang akhir tahun.

Per Oktober 2017, stok pangan masih mencukupi hingga awal 2018. Bahkan beberapa komoditas beras mengalami penurunan harga beberapa waktu lalu, sedangkan harga lainnya masih stabil.

“Beberapa komoditas strategis yang perlu diwaspadai dan mendapat pengawasan agar tidak mengalami kenaikan harga diantaranya cabai merah, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, ayam ras, telur ayam ras, beras, minyak goreng, gula pasir dan juga sayur-sayuran. Karena biasanya komoditas tersebut menyumbang angka inflasi yang cukup tinggi di akhir tahun ” terangnya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *