Panja Perubahan Tatib DPRD Batam Terbentuk

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Sidang paripurna istimewa DPRD Batam, Senin, 5 Desember 2016, menetapkan terbentuknya Panitia Kerja (Panja) pembahasan perubahan kedua Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2014. Panja memiliki waktu 30 hari untuk membahas perubahan peraturan tentang Tata Tertib di DPRD Kota Batam ini.

Ketua DPRD Batam, Nuryanto mengatakan, di antara tugas Panja adalah membahas materi perubahan tata tertib dan tugas lain sesuai fungsinya, mencari masukan dari berbagai pihak, menghimpun dan menganalisa data, serta melaporkan hasil pembahasan.

“Tugas panja berakhir 30 hari setelah surat pembentukan panja ditandatangani,” katanya.

Menurut politisi PDIP ini, tim panja sudah bisa bekerja sejak terbentuk. Nantinya, hasil pembahasan akan dilaporkan dalam sidang paripurna istimewa.

Tata tertib DPRD sangat penting sebagai payung hukum kegiatan legislatif. Tata tertib ini harus dibuat berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD.

Ketua Panja Perubahan Kedua Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2014, Riky Indrakari mengatakan, perubahan peraturan ini diperlukan untuk meningkatkan jalannya pemerintahan yang bersih dan baik. Sebab selama ini, ada beberapa anggota DPRD Batam yang tak maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Salah satu penyebabnya karena tidak ada panja. Nantinya, panja ini bisa dibentuk di internal setiap komisi,” katanya.(R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *