Pansus DPRD Batam Soroti Laporan Keuangan Pemko

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Panitia Khusus (Pansus) DPRD Batam menyoroti laporan keuangan pertanggungjawaban (LKPJ) Pemko Batam 2016. Sorotan itu disampaikan juru bicara Pansus LKPJ DPRD Batam, Jeffry Simanjuntak dalam sidang paripurna di DPRD Batam, Jumat 12 Mei 2017.

Di antara LKPJ Pemko Batam yang menjadi sorotan adalah minimnya penyerapan anggaran pada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemko Batam. Kinerja keuangan daerah juga tidak mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

“Berdasarkan temuan pansus, OPD-OPD tidak menjadikan RPJMD sebagai acuan dalam menyusun program dan kegiatan,” katanya.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam ini menilai kinerja OPD masih jauh dari harapan dan dalam penyajiannya tidak sesuai dengan amanat Peraturan pemerintah Nomor 3 Tahun 2007. Bahkan gagal memanfaatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp30 miliar dari pemerintah pusat.

“Kami berharap ini tidak terjadi lagi ke depan. Sangat disayangkan jika dana puluhan miliar tidak dipergunakan,”

Menanggapi sorotan DPRD Batam, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, terdapat beberapa penyebab tidak tercapainya target yang telah disusun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016. Dia mengimbau OPD di lingkungan Pemko Batam memaksimalkan kinerjanya. Semua pihak juga perlu duduk bersama untuk membuat perencanaan keuangan daerah semakin baik.

“Perencanaan yang nantinya disepakati bersama, itulah yang akan kami laksanakan,” katanya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *