Panwaslu Batam Rakor Pengawasan dengan Stakeholder

Seraya, BatamEkbiz.Com – Panwaslu Kota Batam siap melakukan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), baik itu Pemilihan Legislatif DPR, DPRD Kepri dan DPRD Batam, Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Kesiapan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panwaslu Kota Batam Suryadi dalam acara Rapat Koordinasi Panwaslu bersama stakeholder yang diikuti semua Partai Politik peserta Pemilu, media massa, kepolisian dan mahasiswa, Kamis 21 Desember 2017 di Hotel Horizon.

Kelembagaan Panwaslu Batam sudah siap melaksanakan pemiliu 2019 mendatang, hal ini dibuktikan dengan telah terbentuknya Panitia Pengawas Kecamatan di semua kecamatan di Batam.

“Secara kelembagaan kami siap melaksanakan Pemilu 2019, dimana seluruh struktur Panwascam sudah terbentuk,” jelas Suryadi.

Kesiapan ini harus diikuti oleh stakeholder, terutama pemerintah. Pengalaman sebelumnya tahapan sering kali terhambat karena faktor anggaran yang belum turun.

“Hari ini kita sampaikan kesiapan Panwas, mudah-mudahan diikuti insitusi lainnya.

Selain kesiapan, dalam kesempatan itu juga dipaparkan adanya perubahan aturan secara mendasar, yakni pelanggaran administrasi pemilu sanksinya diputuskan langsung oleh Panwaslu, bukan sekedar rekomendasi.

“Pelanggaran administrasi diputuskan oleh Panwaslu yang sifatnya final dan mengikat. KPU nantinya harus mengeksekusi apa yang menjadi putusan Panwaslu,” katanya.

Tujuan diadakan Rakor ini untuk meningkatkan kerjasama dengan semua stakeholder, agar pemilu berjalan aman, lancar, tertib dan Batam tetap kondusif,” jelas Suryadi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *