Paripurna Perubahan AKD Ditunda

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Rapat paripurna rencana perubahan alat kelengkapan dewan (AKD), Senin, 20 Februari 2017 ditunda. Penundaan itu diputuskan pimpinan rapat yang juga Ketua DPRD Batam Nuryanto setelah mendengarkan pandangan dari masing-masing perwakilan fraksi.

“Hasil pandangan fraksi, enam fraksi meminta ditunda dan tiga fraksi meminta rapat paripurna dilanjutkan. Rapat paripurna ditunda sampai 6 Maret mendatang,” ujar Nuryanto sebelum menutup sidang.

DPRD Batam rencananya akan merombak sejumlah posisi AKD. Di antara perombakan itu adalah posisi ketua-ketua komisi, badan musyawarah (Bamus), badang anggaran (Banggar), badan kehormatan (BK), dan Badan Perencanaan Peraturan Daerah (Bapperda).

Salah satu perebutan posisi AKD tersebut adalah ketua komisi. Saat ini Ketua Komisi I ditempati Nyanyang Haris Pratamura dari Partai Gerindra, Ketua Komisi II Yudi Kurnain dari PAN, Ketua Komisi III Djoko Mulyono dari Partai Golkar, dan Ketua Komisi IV Riky Indrakari dari PKS.

Menjelang perombakan, sejumlah fraksi juga akan melakukan rotasi penempatan anggotanya di masing-masing komisi. Tujuannya selain untuk penyegaran juga memuluskan upaya menguasai ketua komisi. Lobi-lobi antar fraksi masih alot hingga paripurna berlangsung.

Terdapat sejumlah alasan yang disampaikan masing-masing fraksi terkait penundaan paripurna. Fraksi PDIP misalnya, beralasan masah dalam suasana berkabung pasca-meninggalnya kadernya yang juga anggota Komisi II DPRD Batam Rekaveny Soerya. “Ini masalah teknis saja,” kata Udin. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *