Pariwisata dan Maritim, Sumber Ekonomi Baru Kepri

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Industri pariwisata dan maritim berpotensi besar dalam meningkatkan perekonomian Provinsi Kepri. Syaratnya, kedua sektor itu harus dikelola dengan optimal.

“Negeri kita negeri bahari, bangun kejayaan dari laut,” kata Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat membuka Seminar Industri Pariwisata dan Maritim Indonesia di Kantor Bank Indonesia, Batam, Sabtu 22 April 2017.

Seminar dengan tema Industri Pariwisata dan Maritim sebagai Sumber Ekonomi Baru yang Berkelanjutan dan Inklusif ini digelar Alumni Universitas Andalas di Kepri. Tampil sebagai pembicara kunci pada seminar itu adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur. Sementara, Deputi dari Kementerian Koordinator Maritim dan Kementerian Pariwisata ikut menjadi pembicara.

Nurdin menegaskan, segala sektor yang berpotensi harus digarap untuk menunjang perekonomian daerah. Apalagi semua aktivitas itu bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Maritim ini dunia saya, bukan dunia teori. Saya praktik langsung. Ini sumber ekonomi lama. Cuma kita baru bangun tidur,” katanya.

Nurdin berharap pariwisata di Kepri harus digarap maksimal. Karena pariwisata tak ada musim. Tidak memerlukan modal banyak. Masyarakat bisa menikmati langsung hasilnya. Potensi itu, kata Nurdin, ada di banyak daerah di Kepri.

“Tinggal bagaimana mengelola, bagaimana menjualnya,” kata mantan Bupati Karimun ini. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *