Pebalap Jepang Juarai Tour de Bintan 2016

Bintan, BatamEkbiz.Com — Pebalap asal Jepang, Kyosuke Takei (38) berhasil meraih juara 1 Tour de Bintan 2016. Sementara juara 2 diraih Bastian Dohling (28) asal Jerman dan juara 3 Elizabeth Hodges asal Singapura.

Ada tiga lintasan pada Tour de Bintan kali ini, yakni prologue 12 kilometer (km), stage I sepanjang 150 km, dan stage II sepanjang 107 km. Kyosuke menyelesaikan seluruh lintasan dengan total waktu 6 jam 59 menit dan 33 detik. Sedangkan Bastian mencatat waktu 6 jam 59 menit 55 detik dan Boon 7 jam 53 detik.

Untuk kategori wanita, juara 1 diraih Serene Lee asal Singapura dengan catatan waktu 8 jam 23 menit dan 29 detik. Juara 2 diraih Elizabeth Hodges asal Singapura dengan waktu 8 jam 24 menit 36 detik dan juara 3 diraih Claire Davis asal Australia dengan waktu 8 jam 37 menit 52 detik.

Event internasional yang digelar sejak Jumat sampai Minggu (1-3/4/2016) ini diikuti 690 pebalap sepeda dari 38 negara. Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, I Gde Pitana, Tour de Bintan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Secara jangka panjang, event ini akan menjadi event tahunan yang tercatat dalam kalender event balap sepeda internasional. Jadi Bintan akan masuk peta internasional balap sepeda dan menjadi salah satu sport tourism destination,” ujarnya.

Tour de Bintan ini merupakan yang keenam kalinya diselenggarakan, setelah absen satu tahun pada 2015 karena kondisi asap. Rute tur sedikit bervariasi setiap tahun, menampilkan sisi berbeda dari Bintan.

Tahun ini, penyelenggara lomba Meta Sport telah merancang prologue Time Trial Course, balapan pembuka sepanjang 12 km yang dilangsungkan sebelum tahapan (stage) pertama dimulai. Dengan adanya prologue, diharapkan akan meningkatkan kompetisi dan tantangan bagi para peserta, sekaligus menambah daya tarik event ini.

“Kami berharap ke depan tidak ada lagi gangguan, sehingga event internasional seperti Tour de Bintan ini bisa terselenggara untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Bintan,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *