Pelabuhan Batuampar Tingkatkan Kapasitas Kontainer 750 TEU’s

Batuampar, BatamEkbiz.Com — Pelabuhan Batuampar menargetkan kapasitas bongkar muat hingga 750 TEU’s pada tahun ini. Target ini meningkat sekitar 12 persen dibanding tahun sebelumnya dengan 500 sampai 600 TEU’s per tahun.

Staf Khusus Deputi III Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nasrul Amri mengatakan, dengan tersedianya lahan 10 hektare untuk terminal petikemas, kapasitas bongkar muat di pelabuhan Batuampar bisa lebih ditingkatkan lagi. Kapasitas maksimalnya bisa mencapai 1,5 juta TEU’s per tahun.

“Jika ingin memaksimalkan kapasitas, sarana bongkar muat di Pelabuhan Batuampar harus diperbaharui agar prosesnya bisa lebih cepat dan efisien,” katanya saat menerima kunjungan kerja Anggota Komite II DPD RI dapil Kepri, Djasarmen Purba, Jumat 2 Juni 2017.

Nasrul menilai kapasitas bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, termasuk di Indonesia masih sangat kecil. Karena volume kontainer yang diangkut melewati perairan ini mencapai 80 sampai 90 juta TEU’s per tahun. Sebagian besar kapa-kapal besar tersebut singgah di Malaysia dan Singapura.

“Secara umum Indonesia hanya mendapat lima persen saja, termasuk yang masuk ke Batuampar. Ini sangat sedikit dibanding yang singah di Singapura dan Malaysia,” katanya.

Sementara Djasarmen Purba menilai Pelabuhan Batuampar belum mampu memanfaatkan banyaknya kapal yang melintas di Selat Malaka agar singgah di Batam, sehingga kontribusinya masih minim. “Yang kami lihat seperti itu. Makanya kami datang untuk menanyakan kendalanya apa sehingga Batuampar belum mampu memanfaatkan peluang yang besar tersebut,” katanya.

Djasarmen mengaku akan menindaklanjuti kendala tersebut kepada Kepala Staf Presiden agar bisa ditindaklanjuti Presiden. “Infrastrukturnya memang harus terus dibangun agar Batuampar juga bisa terus berkembang dan kontainer yang masuk bisa terus melonjak. Karena secara letak, Batuampar sangat strategis dibanding rencana mengembangkan Tanjungsauh yang posisinya lebih ke dalam,” katanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *