Pelajar SMAN 2 Kunjungi DPRD Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Puluhan pelajar SMAN 2 Batam mengunjungi DPRD Batam, Kamis, 15 Desember 2016. Dalam kunjungan kali ini mereka juga menunjukkan kepeduliannya terhadap sejumlah persoalan daerah.

Bentuk kepedulian itu diwujudkan melalui tulisan pada kertas karton, spanduk, dan orasi. Di antara yang mereka suarakan adalah keprihatinan atas peredaran narkoba dan mendesak realisasi Batam sebagai kota layak anak melalui petisi.

“Tidak ada vitamin sedikit pun di dalam narkoba itu. Narkoba perusak generasi bangsa,” kata Anggun, siswi sekolah yang terletak di Belakangpadang tersebut.

Guru pendamping, Slamet Munawar menjelaskan, tulisan pada kertas karton, spanduk, dan orasi itu bukan untuk aksi demo. Tapi sebagai aksi kepedulian terhadap banyaknya anak usia sekolah yang terjerumus narkoba dan hidup di pinggir-pinggir jalan sebagai penjual koran atau pengamen.

“Kami sengaja berkunjung ke DPRD Batam untuk memberikan edukasi kepada siswa kelas 10 dan 11 dalam menyikapi sejumlah permasalahan yang ada di Kota Batam,” katanya.

Di DPRD Batam, para pelajar SMAN 2 itu diterima oleh Ketua Komisi IV DPRD Batam, Riky Indrakari. Politisi PKS ini kemudian mengajak para pelajar dan guru pendamping untuk berdialog di ruang serbaguna DPRD Batam.

“Ini kunjungan yang positif dan kami siap menampung aspirasi adik-adik pelajar SMAN 2 Batam semuanya, termasuk mengenai penanggulangan anak-anak jalanan,” katanya.

Menurut Riky, kunjungan tersebut bisa menjadi sarana untuk mengaktualisasikan ilmu pengetahuan dengan dunia kerja. Kesempatan itu dimanfaatkan untuk menjelaskan tentang kinerja dan fungsi anggota DPRD Batam selama ini.

Terkait petisi untuk menjadikan Batam sebagai kota layak anak, Riky menjelaskan, salah satu indikator yang harus dipenuhi adalah adanya tempat bermain anak. Surabaya adalah contoh kota yang memiliki tempat bermain anak di taman-taman yang aktif.

“Pemko Batam nantinya bisa memanfaatkan lahan-lahan penghijauan untuk membuat taman bermain anak. Ini bisa dikoordinasikan dengan BP Batam,” katanya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *