Pelaku Usaha Wisata Harus Berbenah Sambut Lebaran

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Objek wisata diminta berbenah menyambut libur Lebaran Idul Fitri. Hal ini disampaikan kepada pelaku usaha pariwisata melalui surat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tertanggal 19 Juni 2017.

“Setiap pelaku usaha khususnya yang berada di kawasan objek wisata seperti pantai, hotel, mall, pusat rekreasi, hiburan, dan atraksi pariwisata lainnya supaya dapat membenahi fasilitas yang dimiliki,” kata Kepala Disbudpar Batam, Pebrialin, Kamis 22 Juni 2017.

Selain itu, pelaku usaha pariwisata juga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengawasan aktivitas pengunjung, serta pengamanan para pengunjung. Pelaku usaha juga diminta memberikan informasi dan tanda petunjuk arah, tanda bahaya, serta batas tertentu yang dapat digunakan wisatawan. Tujuannya untuk mengantisipasi dan meminimalisir potensi bahaya kecelakaan yang mungkin terjadi di lokasi wisata.

“Kemudian senantiasa memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan tetap memperhatikan norma dan etika. Serta memastikan kegiatan kepariwisataan tidak melanggar aturan seperti penyalahgunaan narkoba,” kata dia.

Pelaku usaha juga diminta melaporkan rencana kegiatan keramaian yang dijadwalkan dalam rangka menyambut Idul Fitri dan libur sekolah kepada pihak kepolisian serta Disbudpar. Bila terjadi kecelakaan dan hal lain yang tidak diinginkan, segera mengupayakan pertolongan pertama dan koordinasi dengan pihak terkait seperti tim SAR, Puskesmas, dan Rumah Sakit terdekat. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *