Pemkab Bintan Pangkas Dana ATK dan Perjalanan Dinas

BINTAN — Pemkab Bintan memangkas sejumlah anggaran yang dianggap tidak efektif. Di antaranya anggaran perjalanan dinas ke luar daerah bagi para pejabat di lingkungan Pemkab Bintan dan dana alat tulis kantor (ATK) kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Hasil evaluasi kinerja di tahun 2017 lalu, kita tegaskan bahwa di tahun 2018 kita meminta agar dana perjalanan dinas bagi pejabat serta dana ATK kegiatan dapat dikontrol dan dievaluasi, karena kita anggap tidak efektif,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi di sela-sela meninjau sejumlah proyek pembangunan,” katanya Sabtu, 6 Januari 2018.

Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara menambahkan, kebijakan ini harus didukung penuh oleh seluruh OPD Kabupaten Bintan. Dimana menurutnya, demi efektivitas dan efisiensi anggaran, maka sejumlah perjalanan dinas harus berdasarkan asas kebutuhan dan manfaat yang diperoleh bagi daerah.

“Kemarin sudah diberitahukan saat rapat evaluasi kinerja. Nantinya kita akan melihat rasionalisasi anggaran di setiap OPD, terkait dana perjalanan dinas yang dapat dialihkan ke penggunaan lainnya dan juga ke depan tidak ada lagi penggunaan anggaran dana ATK kegiatan. Perlu dipahami bahwa dana ATK kegiatan berbeda dengan dana ATK kantor. Untuk dana ATK kantor bisa diajukan, namun disesuaikan dengan kebutuhan,” tutupnya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *