Perpanjangan Dermaga Utara Bisa Dukung Industri Batam

Batuampar, BatamEkbiz.Com – Saat ini dermaga utara Pelabuhan Batuampar bisa dikatakan menganggur. Hanya kapal milik TNI dan polisi yang bersandar disana. Rencananya, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan melakukan perlanjangan dermaga utara ini untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan industri Batam.

“Perpanjangan dermaga ini bisa meningkatkan industri di Batam,” ujar Deputi III BP Batam RC. Eko Santoso Budianto, Rabu 13 September 2017 di Batam Center.

Jika dilihat dari udara, Pelabuhan Batuampar berbentuk U. Dimana bagian terpanjang ada di dermaga utara. Menurut Eko, dermaga utara Pelabuhan Batuampar saat ini hanya bisa disandari di satu sisi sebelah kiri saja. Sedangkan sisi kanan ditempati gudang tua milik Persero Batam.

“Jika diperpanjang dan gudang Persero dihancurkan, maka kapal-kapal khususnya kapal besar bisa bersandar di kedua sisinya. Dengan memperpanjang dermaga utara, maka diharapkan tidak terjadi antrean panjang lagi sehingga dwelling time bisa dikurangi,” katanya.

Eko menjelaskan, kondisi pelabuhan Batuampar sekarang sangat kecil, sehingga menyebabkan tingginya ongkos logistik dari Singapura menuju Batam dan sebaliknya. Kapal besar tak bisa masuk Batam.

“Di Batuampar, kapal paling besar yang bisa masuk hanya memiliki muatan 500 TEUS atau 500 kontainer,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Eko, sejumlah sarana bongkar muat yang ada di Batuampar hanya bisa mengangkat enam kontainer saja dalam beberapa jam. Faktor inilah yang membuat antrean di Pelabuhan Batuampar begitu lama.

“Lalu bentuk pelabuhan yang menyerupai U membuat kapal-kapal besar sulit bermanuver. Jadi, target BP Batam adalah tetap memperpanjang dermaga utara agar bisa disandari di kedua sisinya,” katanya.

Rencana awalnya BP Batam akan mereklamasi Pelabuhan Batuampar. Namun urung terjadi, karena terbentur mahalnya biaya dan gudang Persero yang habis masa sewanya, sehingga dermaga utara bisa dimanfaatkan.

“Kapal yang memuat 3.000 TEUS bisa masuk, sehingga mendukung situasi industri di Batam agar semakin kondusif,” terangnya. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *