Pertamina Siagakan Tim Satgas, Antisipasi Lonjakan BBM

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Pertamina MOR 1 menyiagakan tim satgas Ramadhan dan Idul Fitri mulai 10 Juni sampai 10 Juli 2017. Keberadaan tim satgas ini untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) menjelang dan selama Lebaran.
“Pasokan BBM ke Kepri disuplai dari 4 terminal BBM, yaitu TBBM Kabil, TBBM Kijang, TBBM Tanjung Uban, dan TBBM Natuna melalui 47 SPBU yang tersebar di seluruh wilayah Kepri,” kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operasional Region 1, Erry Widiastono di Batam Centre, Kamis 15 Juni 2017.

Pertamina memprediksi penyaluran BBM jenis premium di wilayah Sumbagut akan naik sekitar  1% dari penyaluran normal sebanyak 7.266 kiloliter. Sedangkan pertalite akan naik sekitar 19% dari penyaluran normal 4.080 kiloliter menjadi 4.852 kiloliter.

Kemudian produk Pertamax dan Pertamax Turbo diprediksi akan naik sekitar 23% dari penyaluran normal sebanyak 755 kiloliter menjadi 931 kiloliter. Sedangkan untuk solar atau biosolar akan mengalami penurunan sekitar 3% dari penyaluran normal 6.254 kiloliter.

Untuk wilayah Kepri, diperkirakan akan terjadi penurunan konsumsi produk BBM, dikarenakan kondisi dan aktivitas masyarakat menjelang Lebaran. BBM jenis premium akan turun 6% dari sebelumnya rata-rata 791 kiloliter menjadi 740 kiloliter per hari.

Sedangkan produk pertalite diperkirakan turun 5% dari 211 kiloliter menjadi 200 kiloliter per hari. Untuk Pertamax diperkirakan tidak mengalami perubahan, yaitu 73 kiloliter per hari.

“Solar diprediksi akan turun sekitar 12% dari 236 kiloliter menjadi 208 kiloliter per hari,” jelasnya.

Sedangkan konsumsi LPG diprediksi akan meningkat selama Ramadhan di wilayah Kepri. Pertamina mengantisipasi lonjakan ini dengan menambah pasokan dan melakukan pendistribusian sesuai kebutuhan.

Lonjakan jumlah permintaan biasanya terjadi pada bulan Ramadhan, karena perubahan pola konsumsi. Pertamina telah mengantisipasi penyaluran LPG 3 kg dengan menambah 7.000 tabung atau 12% dari konsumsi harian normal dari 52.000 tabung menjadi 59.000 tabung per hari.

Ketahanan supply dan stok LPG wilayah Kepri ditunjang dengan 16 agen dan 2.046 pangkalan LPG yang disalurkan dari depot Tanjung Uban.

Pertamina memprediksi akan terjadi peningkatan bahan bakar avtur di Bandara Hang Nadim dengan peningkatan sebesar 7% dari 280 kiloliter menjadi 300 kiloliter per hari. Ketahanan stok avtur di Bandara Hang Nadim ditunjang oleh depot pengisian pesawat udara Hang Nadim. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *