PKB Dirikan Posko Satgas TKI di Batam

Nagoya, BatamEkbiz.Com — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mendirikan Posko Satgas TKI di Batam dan Karimun. Kedua daerah di Provinsi Kepri ini dianggap rawan penyelundupan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tanpa dokumen atau ilegal.

Anggota DPRD Batam dari Fraksi PKB, Aman mengatakan, pembentukan Satgas TKI ini merupakan inisiatif Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar. Tujuannya untuk membantu pemerintah mengatasi berbagai persoalan yang menimpa TKI di luar negeri.

“Kami berharap kehadiran Satgas TKI ini bisa memberikan solusi terbaik atas persoalan-persoalan TKI,” ujar Aman di sela-sela kegiatan Focus Group Discussion tentang Satgas TKI di Nagoya Mansion, Selasa, 7 Maret 2017.

Selain Aman, FGD Satgas TKI itu juga dihadiri Ketua DPC PKB Batam yang juga anggota DPRD Batam Jeffry Simanjuntak dan Fauzan. Hadir juga sejumlah pengurus DPC PKB Batam lainnya.

Aman menjelaskan, sebagai daerah perbatasan, Batam dan Karimun sering dimanfaatkan sebagai jalur keluar dan masuknya TKI ke luar negeri, terutama ke Malaysia. Kedua wilayah ini banyak pulau-pulau kecil dan pelabuhan tikus untuk memberangkatkan dan memulangkan TKI tanpa dilengkapi dokumen resmi.

“TKI kan juga telah memberikan devisa kepada negara. Jadi negara harus berperan untuk perlindungan dan keselamatan mereka, ini merupakan marwah bangsa kita di negara lain,” ujarnya.

Hadir dalam FGD ini anggota DPR dari Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh yang juga Komandan Satgas Nasional PKB dan pengurus DPP PKB lainnya. Nantinya, Satgas bersama pihak terkait seperti kepolisian dan imigrasi bisa melakukan pengawasan dan bertindak cepat dalam mencegah para calo yang hendak memberangkatkan TKI secara ilegal. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *