Polda Edukasi Berlalulintas Lewat CFD

Nagoya, BatamEkbiz.Com — Minimnya edukasi keselamatan berkendara bisa memicu meningkatkan angka kecelakaan. Mengantisipasi hal tersebut, Direkorat Lalulintas Polda Kepri dan Polresta Barelang gencar melakukan edukasi tertib berlalulintas, salah satunya lewat kegiatan car free day (CFD).

Direktur Lalulintas Polda Kepri, Kombes Pol Asep Akbar Hikmana mengatakan, edukasi tertib berlalulintas lewat CFD ini berhasil menarik ribuan warga Batam. “Kami memanfaatkannya untuk edukasi berlalulintas. Kebetulan juga bertepatan dengan Operasi Simpatik Seligi 2017,” katanya di Nagoya, Minggu, 12 Maret 2017.

Dengan edukasi tersebut, Asep berharap masyarakat bisa semakin tertib berkendara. Sebab salah satu penyebab kemacetan dan kecelakaan di lalulintas dikarenakan perilaku pengguna jalan yang kurang disiplin.

“Kami juga mengimbau seluruh lapisan, bahwa kecelakaan bukan tanggungjawab petugas saja, namun tanggungjawab semua. Kecelakaan biasanya berawal dari pelanggaran,” katanya.

Selama operasi simpatik ini, lanjut Asep, Polda Kepri juga menggelar sosialisasi ke kalangan dunia pendidikan, seperti sekolah, kampus, dan kelompok masyarakat.
“Kami juga berterima kasih pada masyarakat Kepri yang sudah tertib. Ketaatan sudah meningkat, namun kami harap terus dilakukan, bukan saat ada petugas pada operasi simpatik seperti ini,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut diisi dengan kuis terkait peraturan lalulintas, peragaan tertib lalulintas oleh Polwan Polda Kepri dan Polresta Barelang, serta senam masal.

“Batam merupakan kota dengan populasi kendaraan terbesar di Kepri. Sehingga jika masyarakat tidak peduli dengan aturan berlalulintas, maka juga akan merugikan pengendara lain,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, dalam satu bulan, Pemko Batam sudah rutin menggelar CFD selama dua kali, yaitu pada minggu kedua dan keempat.

“Kegiatan tersebut biasanya juga dimanfaatkan oleh sejumlah instansi, termasuk kepolisian dalam sosialisasi berbagai program. Karena memang kegiatan ini menarik minat banyak masyarakat,” kata dia.

Dishub, kata dia, juga berterimakasih pada Polda Kepri beserta jajaran yang sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi kepatuhan berkendara dengan tujuan menurunkan kecelakaan lalulintas.

“Tentunya kami juga ingin masyarakat sadar dan patuh dengan peraturan berkendara agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata Yusfa. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *