Polisi Amankan Tiga Pejabat Disduk Batam Terkait Pungli

Sekupang, BatamEkbiz.Com — Petugas kepolisian mengamankan tiga pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam terkait pungutan liar (pungli), Senin, 17 Oktober 2016. Ketiganya adalah Kabid Catatan Sipil Disdukcapil Jamaris alias Boy, Staf Bidang Catatan Sipil Irwanto, dan Kasi Perpindahan Penduduk Nasibah.

Selain mengamankan ketiga pejabat, kepolisian juga menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya uang Rp2.484.000, 43 lembar akta kelahiran, dan 6 lembar surat kematian dari Jamaris, uang Rp700 ribu dan fotokopi surat persyaratan pengurusan akta lahir dari Irwanto, serta uang Rp2,1 juta, surat keterangan pindah WNI, 14 lembar e-KTP, dan 3 KTP SIAK dari Nasibah.

Menanggapi operasi tangkap tangan (OTT) pungli tersebut, Wali Kota Batam Rudi menegaskan tidak akan melindungi pejabat Pemko Batam yang tertangkap. “Jadi saya ingatkan kepada Bapak dan Ibu jangan ada yang lakukan ini kalau tidak mau kena OTT. Saya sudah bilang silakan masuk, saya akan biarkan penyidik geledah ruangan Bapak atau Ibu,” ujarnya.

Rudi mengatakan, pungli ini menjadi sorotan dari pusat hingga daerah. Bahkan Presiden pun akan menindak pelaku pungli meski nilainya hanya Rp10 ribu.

“Bukan masalah besarannya Rp5 ribu atau Rp10 ribu. Selagi bukan pungutan resmi jangan coba-coba. Dan untuk pungutan resmi saya minta ke depannya langsung masuk rekening saja,” kata dia.

Selain pungli di pelayanan publik, Rudi juga mengingatkan para pegawai dan pejabat untuk tidak menjual namanya demi kepentingan pribadi. Seperti memakai namanya untuk meminta sejumlah uang dalam pengurusan izin usaha atau meminta sejumlah uang ke pegawai dengan iming-iming akan diberi jabatan tertentu pada saat pelantikan mendatang.

“Dan Satpol PP juga untuk bantuan penertiban suratnya harus ditujukan ke saya. Tidak ditentukan Satpol lagi. Mana yang bermanfaat untuk masyarakat, lanjutkan. Mengapa sekarang semua surat harus ke saya, ini untuk menghindari itu tadi, pungli-pungli ini,” sebut Rudi.

Ia mengatakan untuk mengatasi pungli ini, Pemerintah Kota Batam akan membentuk tim. Menurutnya tim pemberantasan pungli ini nantinya akan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Batam. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *