Produk Otomotif Unggulan Dipamerkan di IIMS 2017

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka secara resmi pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4/2017). Pameran yang akan digelar hingga 7 Mei 2017 ini menampilkan beragam produk otomotif unggulan dari para produsen di Indonesia.

Dalam sambutannya, Wapres mengungkapkan bahwa transaksi pada pameran ini dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan. Hal ini menurutnya menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan kendaraan, industri otomotif, dan ekonomi Indonesia terus meningkat.

“Untuk mengukur detak kemajuan ekonomi, salah satunya yang mudah adalah dengan mengukur dan mengetahui bagaimana penjualan kendaraan, di samping rumah,” ujarnya.

Menanggapi adanya kemacetan akibat peningkatan penjualan kendaraan dan peningkatan industri otomotif, Wapres menyampaikan bahwa dampak negatif ini akan diimbangi dengan pembangunan infrastruktur dan berbagai solusi lainnya oleh pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kalau tidak macet, (ini) malah menunjukkan bahwa ekonomi kita mundur. Tetapi, nanti dengan banyaknya pembangunan infrastruktur mudah-mudahan itu dapat kita atasi tanpa mengurangi penjualan mobil,” jelasnya.

JK juga mengingatkan para pelaku industri otomotif untuk mengembangkan riset dan teknologi otomotif dan tidak hanya berkutat pada usaha menaikkan kapasitas produksi dan pasar kendaraan bermotor.

“Sekarang, masyarakat menginginkan mobil yang high-quality, selain low energy consumption, low cost, dan low carbon emission. Sekarang, tantangan teknologi (terus) berkembang. Oleh karena itu, diharapkan bahwa Indonesia tidak hanya membuat dan merakit saja, tetapi juga harus mempunyai riset dan teknologi yang dikuasai,” terangnya.

Pameran ini juga menjadi ajang bagi produsen otomotif untuk merilis merek-merek mobil dan motor terbaru. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia misalnya, meluncurkan Pajero Sport yang sudah diproduksi secara lokal dan Triton Single Cab 4×2 Hi-Rider. Kemudian KIA, merek asal Korea Selatan ini akan memamerkan All new Rio generasi keempat.

Kemudian Toyota, siap memboyong 20 mobil andalannya, seperti Agya terbaru, Yaris, Calya, Sienta, Veloz, Innova, Rush Ultimo, Fortuner, dan lainnya. Sedangkan Mercedess-Benz akan memboyong New E Class, New GLC Coupe, dan AMG C43 Coupe.

Tidak hanya mobil-mobil unggulan, kendaraan roda dua juga tak mau ketinggalan. Honda contohnya, siap meluncurkan motor besar dan motor baru buatan lokal seperti CRF150. Sedangkan BMW Motrorrad Indonesia siap memajang BMW G310R, BMW R NineT Racer, serta BMW R1200 GS Rallye.

Komisaris Utama Dyandra Promosindo, Lilik Oetama menargetkan pameran ini mampu menyedot 450 ribu kunjugan dan transaksi Rp1,6 triliun. Target ini meningkat dibanding pameran sebelumnya tahun 2016 dengan 450 ribu pengunjung dan total transaksi Rp3 triliun. (ril)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *