Produk UKM Batam dipromosikan ke Malaysia

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Batam akan mempromosikan Batam melalui pameran produk usaha kecil dan menengah (UKM) di Malaysia. Dalam mempromosikan produk UKM, Disparbud bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Johor Bahru.

Dalam hal ini, KJRI akan memfasilitasi pelaku usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) asal Batam ikut dalam pameran dan menggelar galeri produknya di Johor dalam beberapa waktu ke depan. Promosi usaha ini bertujuan untuk mengenalkan potensi dan hasil usaha UMKM Batam di wilayah semenanjung Malaysia.

“Kami prioritaskan Batam, karena selain dekat kami juga sudah beberapa kali melakukan penjajakan,” Konsul dari KJRI Johor Bahru, Iwa Mulyana.

Melalui pameran itu, pelaku UMKM baik binaan pemerintah daerah maupun swasta dapat ikut bergabung. Nantinya, mereka akan mendapat stan pameran di Mall Kota Raya, salah satu pusat belanja besar di Johor Bahru.

Menurut Iwa, Beberapa hasil UMKM yang punya potensi untuk ditawarkan dan diperkirakan mendapat respon positif dari konsumen Johor Bahru antara lain pakaian muslim dan kuliner.

Iwa tak menampik jika produk Malaysia, terutama dari sisi pengemasan dinilai lebih menarik. Meski demikian, ia yakin produk UMKM Batam tetap dapat diterima di negeri jiran itu.

“Kami bekerjasama, sekaligus bersaing dengan produk dari sana,” ujarnya.

Kadisparbud Batam, Yusfa Hendri mengatakan, menyambut baik gagasan dari KJRI Johor Bahru itu. Peluang dari pameran itu juga diharapkan tak hanya sekedar mengenalkan produk Batam ke Malaysia. Lebih dari itu, ia berharap terjalin kerjasama dalam skala yang lebih besar.

“Jadi promosi ini bukan hanya sehari atau dua hari. Tapi terus menerus dan dari produknya bisa terjalin kontrak bisni,” kata Yusfa.

Namun Disparbud belum menyebut berapa banyak pelaku UMKM yang akan berangkat ke Johor Bahru untuk mengikuti pameran. Dengan makin dikenalnya produk Batam dan lalu lintas kerjasama yang makin intens, diharapkan terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dari Johor ke Batam.

Sejauh ini, pihaknya mencatat negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia jadi penyumbang jumlah wisatawan asing terbanyak yang masuk ke Batam.”Negeri-negeri di Semenanjung (Melayu) itu masih sangat mungkin untuk kita kembangkan (untuk menarik wisatawan asing),” katanya.¬†(R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *