Puluhan Tim dari Enam Negara Akan Meriahkan Festival Layang-Layang

BINTAN – Sebanyak 42 tim tercatat akan mengikuti Festival Layang-Layang yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bintan. Tim peserta itu berasal dari Surabaya, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Kalimantan, Bintan dan sekitarnya (Indonesia), Singapura, Malaysia, India, Swedia, dan Thailand. Festival ini akan berlangsung selama dua hari, mulai 21 sampai 22 Oktober 2017.

“Nantinya tiap negara akan mengantarkan perwakilan eksebisinya, minimal 1 tim yang terdiri dari 2 orang peserta. Selain itu, tercatat 42 tim lokal yang akan mengikuti Festival Layang-Layang ini,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bintan Makhfur Zurachman melalui Pelaksana Kegiatan Yoppi, Selasa 17 Oktober 2017.

Menurut Yoppi, event ini diselenggarakan dengan mengacu pada peran serta kreativitas kepemudaan setempat. Beberapa jenis layangan yang akan memeriahkan festival antara lain Layang-Layang Wow, Wow Ekor Panjang, Naga, Rokoku, Stand Kite, dan lainnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengapresiasi penyelenggaraan Festival Layang-Layang di Gurun Pasir, Desa Busung, Kecamatan Sri Kuala Lobam tersebut. Menurutnya, festival ini selain untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, juga sebagai pemicu kreativitas, inovasi pemuda, dan masyarakat, sekaligus ajang promosi potensi pariwisata di desa.

“Laporan terakhir, kenaikan persentase rata-rata per bulannya atas kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bintan pada 2017 ini mencapai 15,53 persen. Kami harapkan event Festival Layang-layang ini, selain meningkatkan angka kunjungan wisatawan, juga ikut membantu sektor ekonomi masyarakat desa dengan mengikutsertakan peranan pemuda dan masyarakat sekitar, sekaligus mengenalkan bahwa Bintan memiliki banyak potensi pariwisata di desa-desa dan salah satunya Gurun Pasir di Desa Busung, Kecamatan Sri Kuala Lobam,” katanya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *