Raja Usman-Zulkhainen serahkan 13.209 dukungan pengganti

Karimun, BatamEkbiz.Com — Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Karimun dari jalur perseorangan, Raja Usman Azis-Zulkhainen (Razul) menyerahkan dukungan pengganti sebanyak 13.209 suara. Jumlah ini untuk mengganti kekurangan 5.301 dari total 24.267 dukungan yang diserahkan sebelumnya.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Ahmad Sulton mengungkapkan, bakal calon perseorangan wajib mengganti sebanyak dua kali lipat dari kekurangan jumlah dukungan setelah melalui verifikasi. Dari kekurangan 5.301 dukungan, Raja Usman-Zulkhainen diharuskan mengganti sebanyak 10.602 suara.

“Dukungan pengganti yang diserahkan melebihi dari jumlah kekurangan, mencapai 13 ribuan,” katanya, Minggu (9/8/2015).

Raja Usman-Zulkhainen adalah satu-satunya bakal calon yang maju lewat jalur perseorangan pada pemilihan Bupati (Pilbup) Karimun. Pasangan ini akan melawan bakal calon yang diusung partai, Aunur Rafiq-Anwar Hasyim dan Agus Riono-Ahmad Darwis. Pasangan Aunur Rafiq-Anwar Hasyim didukung hampir seluruh partai, yakni Partai Demokrat, PDIP, PAN, PKB, Hanura, Nasdem, PPP, dan Golkar. Sedangkan dua partai sisanya, Gerindra dan PKS mengusung pasangan Agus Riono-Ahmad Darwis.

Pendaftaran pasangan Agus Riono-Ahmad Darwis ke KPU Karimun sempat diprotes sejumlah pendemo yang mengaku dari kader Gerindra. Pendemo menuding Agus Riono-Ahmad Darwis adalah pasangan calon ‘boneka’ untuk mengganjal Raja Usman-Zulkhainen sebagai lawan berat Aunur Rafiq-Anwar Hasyim. Agus Riono tidak masuk dalam bursa calon Gerindra, melainkan Zainuddin Ahmad dan Zaizulfikar. Sementara PKS sendiri sebelumnya telah mendeklarasikan dukungannya kepada Aunur Rafiq.

Sesuai persyaratan, calon perseorangan wajib mencari dukungan paling sedikit 23.717 suara atau 10 persen dari jumlah penduduk Karimun sebanyak 237.168 jiwa. Raja Usman-Zulkhainen berhasil menyerahkan dukungan melebihi dari batas minimal tersebut, mencapai 24.267 suara. Setelah melalui verifikasi, KPU Karimun menyebutkan hanya 18.416 dukungan yang lolos. Kekurangannya sebanyak 5.301 dukungan, Raja Usman-Zulkhainen wajib mengganti dua kali lipat.

Sulton mengungkapkan, penyebab tidak lolosnya sekitar lima ribuan dukungan itu bervariasi. Di antaranya karena ada yang menolak dukungan, menyatakan tidak mendukung, dan pendukung tidak ada di tempat saat diverifikasi.

Verifikasi dukungan terhadap bakal calon perseorangan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama melalui door to door, atau memverifikasi dukungan itu dari rumah ke rumah pendukung yang ada dalam daftar. Tahap kedua dengan mengumpulkan pendukung di satu tempat untuk diverifikasi.

“Sedangkan verifikasi tahap ketiga kami lakukan dengan menunggu mereka (pendukung) melapor,” katanya.

Ketua Kelompok Kerja Pencalonan KPU Karimun Eko Purwandoko menambahkan, verifikasi bukti dukungan pengganti itu akan dilaksanakan PPS dan PPK pada 10-11 Agustus, kemudian dilanjutkan penelitian administrasi dan faktual di tingkat kelurahan dan desa.

“Kita tunggu saja hasil verifikasi faktual oleh PPS, baru kita ketahui dan umumkan apakah memenuhi jumlah minimal atau tidak,” katanya.

Tim sukses pasangan “Razul” M A Rachman optimistis bukti dukungan berupa identitas kependudukan itu lolos verifikasi administrasi dan faktual.

“Bukti dukungan yang kita serahkan riil, tersebar merata di 11 kecamatan,” kata Rachman.

Bukti dukungan perbaikan itu diserahkan ke KPU Karimun dalam 12 bundel menggunakan amplop coklat, dan dicek bersama-sama KPUD dan Panwaslu. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *