Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Kota Batam ke–188

Batam Center, BatamEkbiz.Com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam menggelar rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Batam ke-188, Senin 18 Desember 2017.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto dihadiri Walikota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Amsakar Ahmad.

Nuryanto menyampaikan beberapa catatan dalam sidang paripurna istimewa. Hari jadi Kota Batam memiliki arti keberkahan, bukan hanya mengevaluasi diri, tapi lebih menanamkan dan menumbuhkan diri, membangun Batam menuju Madani.

Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, sidang paripurna istimewa DPRD kota Batam merupakan puncak acara peringatan hari jadi Kota Batam ke 188 tahun 2017. Rudi sebagai Walikota Batam mengapresiasi kepada pimpinan maupun anggota DPRD Kota Batam, serta aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama, cendekiawan, serta seluruh elemen masyarakat kota Batam yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif dalam suasana yang aman tenteram.

Untuk pembangunan Batam, Rudi menilai dari awal pembentukannya hingga saat ini menunjukkan peran dan fungsinya sebagai kota industri, perdagangan, dan pariwisata, serta jasa sesuai dengan visi Kota Batam, tahun 2005-2025 terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia Madani.

Rencana pembangunan jangka menengah daerah Kota Batam tahun 2016-2021 yang mempunyai misi terwujudnya Batam sebagai Bandar Dunia Madani, yang perkasa maju sejahtera dan bermartabat.

Memperingati hari ulang tahun secara filosofi Batam berupaya mengenang masa lalu sebagai referensi menapaki masa kini dan masa depan yang setiap estafet perjalanan akan selalu bermakna memberikan jawaban atas persoalan kekinian serta responsif dengan tantangan kehidupan.

“Kita wajib bersyukur dengan menjadikan Batam hari kelahiran kota ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi masa depan yang lebih baik.

Oleh karena itu pada kesempatan hari jadi Kota Batam yang ke-188, kita wujudkan pemerintahan yang mengayomi dalam menata dan mewujudkan Kota Batam sebagai bumi Melayu yang modern, maju, dan bermartabat,” katanya.

Dengan bertambahnya usia, lanjut Rudi, bertambah pula tingkat kedewasaan dan kualitas serta kuantitasnya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Walaupun beberapa hal masih perlu pembenahan dengan kerja keras dan tegas dari segala pemangku kepentingan pembangunan. Menurut data BPS kota Batam dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 sebesar 1.236.399 jiwa dan tingkat laju pertumbuhan penduduk emas 99% diharapkan dapat didukung melalui pengelolaan potensi yang kita miliki secara profesional.

Rudi mengaku sangat optimis bahwa mengakui akselerasi laju namun pembangunan pada semua sektor dapat kita tingkatkan dengan melakukan pergeseran paradigma dari membangun daerah ke daerah membangun yang mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan pemerintahan dan lanjutan.

“Layar batu layar terkembang, laju-laju Perahu peringatan hari jadi Kota Batam. Tahun ini harus telah dinilai sebagai momentum perubahan sosial ke arah yang lebih maju,” katanya. (adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *