Ribuan Buruh Batam Kembali Turun ke Jalan

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Iring-iringan buruh di Kota Batam kembali memadati jalan,Jumat 10 November 2017. Sepanjang jalan mulai dari kawasan Mukakuning hingga Batam Centre macet. Kendaraan hanya bisa merayap pelan, karena terhambat massa buruh yang melakukan aksi jalan kaki menuju Kantor Wali Kota Batam.

Kemacetan juga terjadi di sejumlah ruas jalan lainnya. Terutama kawasan-kawasan konsentrasi massa buruh seperti Kabil, kawasan industri Tunas Batam Centre, Tanjunguncang, Batuampar, hingga Sekupang.

Dari kawasan-kawasan tersebut, buruh kemudian melakukan konvoi menuju Kantor Wali Kota Batam. Selain ke Kantor Wali Kota, tujuan aksi juga ke DPRD Batam, BP Batam, dan Graha Kepri.

Ada beberapa tuntutan yang disuarakan dalam aksi kali ini. Di antaranya mendesak pemerintah untuk mencabut PP 78/2015 tentang Pengupahan, menolak kenaikan tarif listrik, dan penetapan UMK Batam 2018 mengacu pada kebutuhan hidup layak.

“Kami tidak mau UMK ditetapkan berdasarkan PP 78/2015,” kata Sigit, Pengurus Serikat Pekerja di salah satu perusahaan di Mukakuning. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *