Ribuan DPT di Bida Asri I diduga fiktif

DPT FiktifBatam Centre, BatamEkbiz.Com — Belum tuntas pemeriksaan Panwaslu Kota Batam atas dugaan manipulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Perumahan Villa Pesona Asri, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, kini kasus serupa kembali terjadi. Masih di Kecamatan Batam Kota, di Perumahan Bida Asri I, Kelurahan Baloi Permai, Panwaslu Kota Batam mendapatkan laporan adanya dugaan manipulasi dan penggelembungan DPT.

Dugaan manipulasi dan penggelembungan DPT di Perumahan Bida Asri I, dilaporkan salah seorang Ketua RT setempat, berinisial AJN. Dalam laporannya, pria yang biasa dipanggil Ucok ini menyebutkan adanya dugaan manipulasi 1.106 DPT yang terbagi dalam empat TPS. Yakni di TPS 43 dengan 382 pemilih, TPS 44 dengan 294 pemilih, TPS 45 dengan 309 pemilih, dan TPS 46 dengan 121 pemilih.

Dugaan manipulasi ini didasarkan pada nama pemilih di DPT tanpa alamat. Padahal Kawasan Bida Asri I, merupakan kawasan perumahan dengan alamat yang jelas.

Ketua Pokja Hukum, Penindakan, dan Pelanggaran Panwaslu Kota Batam, Syailendra Reza membenarkan adanya laporan terkait dugaan manipulasi DPT di kawasan Perumahan Bida Asri I. Panwaslu Kota Batam baru memeriksa keterangan pelapor dan saksi pada Selasa (7/1/2014) siang, atas laporan yang dimasukkan ke Panwaslu sejak 9 Desember 2013 lalu.

“Sebetulnya data awalnya itu mereka (pelapor) mengatakan ada manipulasi atau mark up data DPT. Setelah kita cek memang ada beberapa, saya tidak tahu apakah ada kesalahan dalam pengetikan dan sebagainya, alamatnya hanya tanda koma,” ungkap Reza.

Selain itu, lanjut Reza, pelapor juga melaporkan adanya sejumlah pemilih dengan alamat yang sama. Seperti di Perumahan Bida Asri I Blok C2 Nomor 32, terdapat sekitar 26 pemilih yang tercatat di DPT. Padahal rumah tersebut hanya dihuni oleh satu orang, Muhammad Afis. Alamat sama dengan beberapa pemilih juga tercatat di Perumahan Bida Asri I Blok C1 nomor 8, blok C1 nomor 55, blok C1 nomor 03, blok C1 nomor 35, dan blok C1 nomor 53.

Sebagaimana laporannya, Pelapor menduga manipulasi dan penggelembungan DPT ini dilakukan oleh panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) berinisial SyH. Pantarlih ini juga merupakan tim sukses salah seorang caleg Golkar DPRD Kota Batam Dapil II berinisial SH. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *