Ribuan Guru Honorer Tanpa THR, Pemerintah Harus Cari Solusi

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang pemberian THR kepada PNS, TNI/Polri, pensiunan, dan penerima tunjangan telah ditandatangani Presiden. Namun, 736 ribu tenaga guru honorer (data Kemendikbud) bukanlah yang termasuk skema penerima tersebut. 

Sementara di Kota Batam, jumlah tenaga guru honorer mencapai 2.079 orang. Pemerintah harus memperhatikan ribuan guru honorer tersebut, terlebih tak ada alokasi THR bagi mereka pada lebaran tahun ini.

“Di saat peraturan pemerintah tentang THR keluar, ingatlah tidak ada THR bagi ratusan ribu guru honorer di luar sana,” ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih sebagaimana dilansir laman DPR, Jumat, 25 Mei 2018.

“Selayaknya sudah menjadi perhatian Pemerintah RI mengenai nasib guru honorer, ada yang sudah mengabdi puluhan tahun membantu program pencerdasan bangsa, tapi THR pun nggak ada,” ujar Politisi PKS dari Dapil Jawa Tengah IX, Tegal dan Brebes tersebut.

Ia melanjutkan, masih banyak honorer guru yang masih digaji kecil.  Meski sebagian lainnya yang sudah sertifikasi, mendapat upah lebih baik. “Namun semuanya bernasib sama, tidak ada THR,” tuturnya.

Padahal, guru honorer, terutama di daerah-daerah, merupakan ujung tombak pendidikan kita. Karenanya, Ia mendesak pemerintah untuk mencarikan solusi bagi kesejahteraan guru yang sebagian besarnya justru bukan ASN, disamping mengangkat para guru honorer untuk mengisi kekosongan posisi PNS di sekolah-sekolah. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *