Rumah Potong Ayam Halal Batam, Satu-satunya di Sumatera

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Keinginan muslim Batam untuk memiliki rumah potong ayam halal akhirnya terwujud. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Batam akan meresmikan rumah potong ayam halal itu di Seitemiang pada Jumat (13/5/2016) pukul 14.00.

Ketua MUI Kota Batam Usman Ahmad mengatakan, keberadaan rumah potong ayam halal di Batam sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Tidak hanya untuk muslim saja, daging ayam halal ini juga bisa untuk konsumsi semua kalangan.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami, karena menjadi yang pertama dan satu-satunya rumah potong ayam halal, tak hanya di Batam, tapi juga di Sumatera,” ujarnya di Batam Centre, Rabu (11/5/2016).

Pembangunan rumah potong ayam halal ini, jelas Usman, sudah dirintis sejak dua tahun lalu. Setelah diresmikan, rumah potong ayam halal akan mulai beroperasi.

MUI dan BWI Kota Batam juga sudah membekali para petugas, terutama bagian teknis pemotongan dengan pelatihan dan pengetahuan tentang kehalalan. Sementara untuk pengawasan aktivitas di rumah potong ayam halal akan dilakukan langsung oleh MUI Batam.

“InsyaAllah sudah memenuhi syarat halal, baik pemotongan, pengawasan, dan hewan yang dipotong juga harus sehat,” katanya.

Menurut Usman, rumah potong ayam halal ini memiliki kapasitas pemotongan 7.000 hingga 10.000 ekor ayam per hari. Jumlah ini masih sedikit dibanding konsumsi daging ayam di Batam yang mencapai 70.000 ekor per hari.

Usman mengimbau masyarakat untuk mengonsumsi daging ayam yang dipotong sesuai syariah. Sebab mengonsumsi makan-makanan halal ini akan berdampak positif terhadap kesehatan jasmani dan rohani, terciptanya masyarakat yang jujur, dan mencegah kezaliman.

“Kami terus menyosialisasikan agar masyarakat mengonsumsi makanan yang halal, baik halal secara zat, jenis daging, maupun dalam perolehannya. Apalagi sebentar lagi Ramadan, carilah tempat-tempat berbuka puasa berlogo halal yang dikeluarkan secara resmi oleh MUI,” katanya.

Panitia peresmian rumah potong ayam halal Yulfis Wandi mengatakan, pembangunan rumah potong ayam halal beserta fasilitasnya ini menelan anggaran sekitar Rp4 miliar. Dana dihimpun dari wakaf jamaah masjid, majelis taklim, dan muslim Batam lainnya.

“Dalam peresmian nanti kami mengundang seluruh masyarakat untuk menyaksikan hasil wakaf yang telah dihimpun selama ini, benar-benar telah dimanfaatkan untuk kepentingan umat,” ujarnya.

Yulfis juga mengajak pengelola dan pedagang pasar, hotel, restoran, serta rumah makan untuk bekerja sama dengan rumah potong ayam halal. Mengingat pengoperasian rumah potong ayam halal ini sudah memenuhi standar, baik higinitas, sanitasi dan pengolahan limbah, serta adanya pemisahan antara ayam yang masih kotor dengan yang sudah dipotong.

“Kalau ayam yang dipotong selama ini, masih diragukan kehalalannya. Tapi yang dipotong di rumah potong ayam halal, sudah sesuai dengan standar kesehatan dan kehalalannya,” katanya. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *