Sail Karimata, Promosikan Destinasi Kepri pada Dunia

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Penyelenggaraan Sail Karimata pada Oktober mendatang menjadi ajang bagi Kepri untuk memperkenalkan destinasinya pada dunia. Event selama 10 hari itu akan diwarnai dengan ragam pertunjukan bahari.

“Sail Karimata merupakan jalan, di mana pemerintah harus melihat laut sebagai destinasi wisata baru,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Kamis, 8 September 2016.

Menurutnya, Kepri akan menjadi gerbang wisata bahari Indonesia. Sail Karimata ini merupakan jalan bagi pariwasata Kepri bertransformasi dari darat ke laut.

Guntur tak memungkiri pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa selama ini Indonesia memunggungi laut. Padahal laut harus dilihat sebagai keunggulan. Apalagi, pusat telah menerbitkan sejumlah regulasi yang memudahkan wisatawan.

“Kapal yacht mau ke Indonesia. Cukup lewat handphone bisa. Beda dengan dulu, izin harus lewat agen dan waktunya bisa sampai tiga bulan. Belum lagi pemeriksaan di laut. Selain itu, pembebasan visa, lebih 100 negara. Ini merupakan terobosan yang harus diraup,” ujarnya.

Dalam meningkatkan wisatawan mancanegara di Kepri, khususnya destinasi bahari, daerah ini sangat memiliki itu. Potensi seperti wisata berbasis pantai, bentang laut, dan keindahan laut semua ada.

“Pantai kita ada, di atasnya kapal-kapal yacht bisa berlayar. Keindahan bawah laut juga ada di Anambas, Pulau Abang, dan sebagainya,” ujarnya. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *