Sanggar Wan Sendari Batam Raih Prestasi Nasional

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Sanggar Wan Sendari berhasil merebut lima piala dalam ajang Parade Tari Nusantara ke-35 tahun 2016. Parade Tari Nusantara ini digelar di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, pada 19-20 Agustus.

Adapun gelar juara yang berhasil dibawa pulang Sanggar Wan Sendari adalah di kategori Penyaji Terbaik Wilayah Sumatera, masuk dalam 13 besar nasional, Penata Tari Unggulan, Penata Musik Unggulan, serta Penata Rias dan Busana Unggulan. Sanggar Wan Sendari merupakan sanggar tari di bawah binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, sanggar ini sudah melalui tahapan seleksi mulai dari tingkat kota, hingga menjadi wakil Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional.

Sanggar yang terdiri dari 25 orang penari dan pemusik tersebut berhak mewakili Kepri pada ajang Parade Tari Nusantara setelah berhasil keluar sebagai pemenang pada Parade Tari Daerah Tingkat Provinsi Kepulauan Riau pada pertengahan Juli lalu.

“Alhamdulillah Sanggar Wan Sendari yang berasal dari Batam mewakili Provinsi Kepulauan Riau, berhasil meraih juara di tingkat nasional. Dan tahun ini ada peningkatan dari wakil Kepri. Tahun 2011 lalu empat piala yang dibawa pulang. Tahun ini berhasil merebut lima piala,” kata Yusfa di Batam Centre, Selasa, 23 Agustus 2016.

Parade Tari Nusantara merupakan ajang yang dilaksanakan setiap tahun sejak 1981. Ajang lomba tari paling bergengsi di Indonesia ini diikuti oleh tim tari yang mewakili 34 provinsi di tanah air.

Tari yang dilombakan merupakan tari garapan baru dengan musik pengiring secara langsung. Dan tarian yang disajikan bertolak dari gerak tari tradisi berbagai daerah yang ada di Indonesia.(hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *