Sanmina Batam Tutup Karena Tidak Ada Order

Mukakuning, BatamEkbiz.Com – Satu per satu perusahaan di Batam kolaps dan menutup usahanya. Terakhir adalah PT Sanmina SCI Batam di kawasan industri Batamindo Industrial Park (BIP) Mukakuning yang tak lagi beroperasi sejak 3 Oktober 2017. Penutupan ini juga disertai dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap ratusan karyawannya.

Direktur Promosi dan Humas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Purnomo Andiantono mengungkapkan, Sanmina tutup karena sudah tidak mendapatkan order produk lagi sejak 2014 lalu. Pemicunya, adanya gesekan dengan buruh sehingga perusahaan tak mampu memenuhi target produksi dari konsumen.

“Manajemen perusahaan menyatakan sejak 2014 sudah tidak mendapat order. Dipicu karena gesekan dengan buruh membuat perusahaan tak mampu menyelesaikan dan mengirim produk tepat waktu,” katanya, Minggu 8 Oktober 2017.

Dengan keterbatasan order, lanjut Andi, perusahaan secara bertahap melakukan pengurangan karyawan dan terakhir tinggal 140 orang. Tahun ini perusahaan akan menyelesaikan semua kewajiban ketenagakerjaan kepada para pekerjanya setelah menghentikan seluruh aktivitasnya.

“Permasalahannya mungkin bukan individu buruh. Namun cara berunjukrasa yang memblokir pintu perusahaan membuat proses produksi terganggu. Sehingga tidak ada pesanan lagi,” katanya.

Andi menegaskan bahwa tutupnya Sanmina karena murni masalah perburuhan. Tidak menutup kemungkinan penutupan serupa juga akan terjadi di perusahaan lain jika kasus yang sama terulang.

Untuk itu BP Batam berharap semua pihak menjaga kondisi Batam kondusif, sehingga investor tidak ragu untuk datang dan menanamkan modalnya.  Saat ini sudah tak ada lagi aksi-aksi demo di Batamindo setelah kawasan industri itu dimasukkan sebagai objek vital nasional.

“Kalau ada permasalahan buruh seharusnya bisa diselesaikan dengan cara-cara lain yang lebih baik,” katanya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti membenarkan tutupnya Sanmina mulai 3 Oktober 2017. Pemegang saham diketahui sudah melakukan rapat umum pemegang saham, termasuk mengurus akta notaris untuk penutupan perusahaan. (R01/suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *