Seminggu di Kepri, Pelajar Kalsel Akan Belajar Budaya Melayu

Nongsa, BatamEkbiz.Com — Pelajar terpilih dari sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan mempelajari tradisi dan budaya masyarakat Melayu di Provinsi Kepri dalam program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2017.

“Ini merupakan program pertukaran pelajar dari Kementerian BUMN. Tahun ini dari Kalimantan Selatan akan mempelajari budaya Kepri, sementara peserta dari Kepri belajar di Kalimantan Selatan,” kata Sektretaris Perusahaan PT Timah Nur Adi Kuncoro.

Para pelajar asal Kalimantan Selatan yang ikut program BUMN Hadir untuk Negeri tersebut tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam pada Minggu, 23 Juli malam dan langsung disambut oleh penanggung jawab Kepri Program BUMN Hadir untuk Negeri yaitu PT Timah (Persero) Tbk, PT BKI, dan PT PDIP (Persero) Batam.

Acara penyambutan siswa yang akan berada di Kepri hingga 29 Juli 2017 tersebut ditandai dengan pengalungan bunga oleh perwakilan PT Timah, BKI, dan PDIP (Persero) Batam.

Nur Adi Kuncoro berharap selama mengikuti kegiatan SMN di Provinsi Kepri pelajar bisa menambah khazanah keanekaragaman adat budaya, pariwisata dan program unggulan pemerintah daerah Kepri.

Selama di Kepri, seluruh peserta akan diperkenalkan dengan adat budaya, pariwisata dan program unggulan daerah seperti mengunjungi kegiatan PT Timah, berinteraksi dengan masyarakat Sawang Kundur, keliling Tanjungbalai Karimun menggunakan bus kayu, melihat sejarah Masjid Penyengat, belajar tarian daerah, serta cara membuat dan membaca Pantun Gurindam 12.

“SMN ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang diinisiasi Kementerian BUMN dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-72 yang acara puncaknya yaitu Upacara Bendera 17 Agustus 2017,” katanya.

Pada 21 Juli 2017, PT Timah (Persero) Tbk, PT BKI dan PT PDIP (Persero) Batam sudah melepas 20 pelajar peserta SMN dari Kepri untuk mengikuti rangkaian kegiatan di Kalimantan Selatan. Dari Kepri terpilih 20 siswa, dua diantara mereka berasal dari sekolah luar biasa (SLB).

Pelajar terpilih merupakan siswa berprestasi dari berbagai sekolah di Kepri yang diseleksi oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri dari tingkat sekolah hingga provinsi.

“Mereka akan berada di Kalimantan Selatan pada 22-28 Juli untuk mengenal budaya setempat dan memperkenalkan budata Kepri. Mereka akan mengikuti serangkaian acara menegenali budaya dan berinterasi dengan sesama pelajar di sana,” katanya. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *